Kamis, 30 Mei 2024


Kepala BPPSDMP: Harmonisasi Internal-Eksternal Hasilkan Simponi Indah

16 Des 2022, 09:42 WIBEditor : Yulianto

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi saat memberikan arahan Rapim lingkup BPPSDMP di Bandung | Sumber Foto:Humas BPPSDMP

TABLOIDSINARTANI.COM, Magelang---Harmonisasi kini menjadi kata yang terus digaungkan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanain.  Harmonisasi bukan hanya internal, tapi juga eksternal.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Prof Dedi Nursyamsi mengatakan, harmonisasi merupakan penyelerasan, sehingga harus dilakukan diinternal BPPSDMP yang teridiri dari penyuluhan, pelatihan dan pendidikan untuk memaksimalkan pemberdayaan guna dan pengembangan sumberdaya manusia Pertanian. 

"Untuk menjadi kunci keberhasilan pencapaian, persepsi kita harus sama dulu, denyut jantung harus sama dalam menyukseskan program program BPPSDMP. Mulai dari Tani Akur, Petani Milenial, Genta Organik bahkan yang nanti ada Low Cost Smart Farming," kata Dedi saat jumpa Pers Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian tahun 2022.

Dedi mengatakan, harmonisasi eksternal juga dilakukan BPPSDMP dengan direktorat teknis, kementerian/lembaga lainnya serta stakeholders lainnya, bahkan pemerintah daerah.  Dengan harmonisasi eksternal dengan stakeholder lainnya yaitu Penyuluh Pertanian, Petani Milenial, Poktan, Gapoktan, P4S dan KWT di seluruh Indonesia dari desa hingga Pusat sehingga menghasilkan simponi yang sangat indah.

“Karenanya BPPSDMP tidak hanya bergerak di pusat ibukota, melainkan bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh jajaran pemerintah daeah, petani, dan masyarakat untuk menggerakkan roda pembangunan pertanian agar pangan untuk rakyat Indonesia tidak bersoal,” katanya. 

Dalam upaya mencapai target pembangunan SDM pertanian, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang (Polbangtan YoMa), Bambang Sudarmanto menyatakan siap mendukung seluruh program BPPSDMP. Melalui Tri Darma perguruan tinggi, Ia optimis mampu menjangkau SDM pertanian yang beragam.

“Seluruh civitas akademika Polbangtan YoMa siap melakukan layanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk mendukung program Kementan. Baik dalam upaya peningkatan kapasitas petani milenial, maupun program Kementan lainnya,” kata Bambang.

Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan peran aktif SDM pertanian, Kementerian Pertanian memberikan  penghargaan kepada para champion yang terdiri dari Penyuluh Petanian, Petani Millenial, P4S serta SDM Pertanian Berprestasi pada acara Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian tahun 2022 tanggal 15 Desember 2022 di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

BPPSDMP akan memberikan apresiasi kepada Petani Milenial, Penyuluh Pertanian, P4S yang berperan aktif dalam pembangunan pertanian dan juga sebagai pengungkit untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian. Apresiasi diberikan kepada insan sdm pertanian karena yang paling besar kontribusinya.

 

Reporter : Osi W
Sumber : Polbangtan YoMa
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018