Kamis, 18 Juli 2024


Poktan Maju Makmur Unjuk Kebolehan Pengembangan Pupuk Organik

12 Jan 2023, 07:36 WIBEditor : Herman

Kegiatan Lomba Pertanian Di Kabupaten Bojonegoro | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Bojonegoro – Tingkatkan kapasitas para penyuluh pertanian, kelompok tani, maupun petani, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro menggelar lomba pembangunan pertanian. Kegiatan tahunan ini diikuti oleh penyuluh, petani maupun kelompok tani yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Salah satu yang ikut dalam kegiatan ini adalah Kelompok Tani Maju Makmur dari Desa Mulyorejo, Kabupaten Bojonegoro. Diungkapkan Sekretaris Poktan Maju Makmur, Arifin bahwa untuk untuk mengikuti lomba, para peserta seperti dirinya harus melakukan seleksi administrasi terlebih dahulu,  

“ Pada tahan ini akan dinilai aspek tata kelola organisasi yang meliputi pembukuan, manajemen aset dan peralatan, kepengurusan serta beberapa aspek lain. Pelaksanaan kompetisi seperti ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas para kelompok tani, dengan tata kelola yang baik harapannya akan berdampak positif pada produktivitas hasil pertanian,” ungkap Arifin

Arifin yang terlihat sangat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang perlombaan, tetapi juga kegiatan ini akan memberikan banyak masukan dan wawasan penting kepada para kelompok petani guna meningkatkan kualitas organisasi yang lebih baik.

Pada ajang tahunan tersebut, Arifin yang mengikuti lomba bidang pengembangan pupuk organik kompos mendapatkan juara 2.

“Prestasi ini sangat membanggakan, tidak boleh hanya menjadi momen kegembiraan bagi poktan Maju Makmur, namun justru dapat dijadikan sebagai ajang pengembangan diri ataupun organisasi dalam aktivitas memajukan sektor pertanian,”tuturnya.

Arifin berharap nantinya poktan Maju Makmur dan poktan lain khususnya yang ada di Desa Mulyorejo dapat meniru dan menjadi semakin bersemangat serta aktif untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk-produk hasil pertanian.

“Ini merupakan salah satu ajang pencapaian yang luar biasa dan patut untuk ditiru dan dibanggakan oleh para pengurus maupun anggota yang lain di Desa Mulyorejo, karena ini semua adalah berkah kerja keras kita semua,” ujarnya

Selain itu Arifin juga mengungkapkan agar pertanian di wilayah Bojonegoro khususnya Kecamatan Tambakrejo dan Desa Mulyorejo dapat terbantu dan berkembang dengan produk pupuk organik kompos.

“Ini merupakan salah satu bentuk peran aktif kami dalam berkontribusi pada pengembangan sektor pertanian di Kecamatan Tambakrejo dan Kabupaten Bojonegoro.”pungkasnya.

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018