Senin, 15 Juli 2024


Bidik Pasar, PPL Cilacap Dilatih Digital Marketing   

16 Okt 2023, 09:43 WIBEditor : Yulianto

Pelatihan peningkatan kapasitas PPL | Sumber Foto:Wasis

TABLOIDSINARTANI.COM, Cilacap---Di era digital saat ini, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dituntut mahir dalam menguasai digital marketing agar dapat mengakses berbagai peluang usaha agribisnis. Dengan ilmu tersebut para penyuluh bisa membantu petani dalam memasarkan produk hasil panennya.

 Kepala  Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Susilan mengatakan, Dinas Pertanian melakukan penguatan dan penyegaran dengan edukasi peningkatan kapasitas PPL. Dengan narasumber dari Dosen  Politeknik dan Dokter dari Dinas Kesehatan,

"Memberikan pencerahan ilmu-ilmu digitalisasi marketing agar penyuluh bisa update informasi pembangunan pertanian, khususnya  dan kesehatan. Ke depan kita harus paham dan mengetahui perkembangan digital," tegasnya.

Susilan berharap dengan pelatihan ini Penyuluh Pertanian bisa jalan bareng antara digital dan kesehatan yang optimal. Harapannya, supaya dalam melakukan penyuluhan pertanian lebih maksimal dalam hasil kerjanya. "Kami berupaya menyemangati penyuluh pertanian agar tidak gagap teknologi digitalisasi dan dengan didukung kesehatan yang baik," harapnya.

Fadila, Dosen Politeknik Cilacap saat Pelatihan Penguatan PPL mengatakan, saat ini semua orang dalam beraktivitas menggunakan digital, sehingga penyuluh pertanian juga harus mengikuti perkembangan digitalisasi, khususnya digital marketing.

Setelah menguasai,  Fadila berharap, ilmunya ditularkan kepada petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) dan Kelompok Wanita Tani (KWT). Apalagi kini Dinas Pertanian mendorong untuk menghidupkan lagi Lapak Petani online yang telah ada lebih maksimal lagi.

Sementara itu, salah satu PPL dan juga Petugas Data, Sri Lestari mengungkapkan, saat ini Penyuluh Pertanian semuanya sudah menggunakan digitalisasi dalam aktivitas penyuluhannya. Langkah selanjutnya adalah meningkatkan kemahiran digital, khususnya bidang marketing. “Saya sebagai petugas data selalu menggunakan aplikasi digital secara maksimal," ujarnya.

Khususnya untuk digitalisasi marketing, menurut Sri, sudah banyak PPL yang menggunakan dan memanfaatkannya. Namun demikian, ia berharap, ilmu digital marketing tersebut agar ditularkan ke petani agar bisa menguasai pemasaran agribisnis.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) Kabupaten Cilacap tahun 2023. Dengan Tema  "Peningkatan kapasitas kelembagaan Penyuluh Pertanian di Kecamatan dan Desa." Peserta PPL sejumlah 132 orang berasal dari 24 kecamatan se Kabupaten Cilacap. Salah satu acara diselenggarakan di P4S Berkah, Desa Menganti Kesugihan Cilacap, Kamis 5 Oktober 2023.

Reporter : Wasis
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018