Kamis, 20 Juni 2024


Peluang Kerja Di Jepang, Pusdiktan MoU Dengan OS Selnajaya Indonesia

24 Okt 2023, 14:46 WIBEditor : Herman

Penandatanganan MoU Pusdiktan dengan Os Selnajaya Indonesia | Sumber Foto:Dok Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kementerian Pertanian melalui Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP melakukan penandatanganan Kerjasama dengan PT. OS Selnajaya Indonesia. Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Ruang Oval Gedung D Kementerian Pertanian, Selasa (24/10) bertujuan untuk pengembangan sumber daya manusia pertanian dengan memberi kesempatan untuk bisa bekerja di Jepang.

Diungkapkan  Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan), Idha Widi Arsanti bahwa penandatanganan Mou dilakukan dengan PT. OS Selnajaya Indonesia yang bergerak dibidang pengiriman Specified Skilled Workers (SSW) atau tenaga kerja dari Indonesia ke Jepang.

“Karena memang regulasinya harus demikian, ketika kita akan melakukan pengiriman tenaga kerja tidak bisa langsung, tapi melalui perusahaan swasta yang sudah mendapatkan kewenangan dari Pemerintah Jepang.” Tambahnya.

Lebih lanjut Santi mengatakan pihaknya akan mendorong para alumni dari Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK PP) yaitu SMK PP Banjarbaru, Sembawa, dan Kupang untuk dapat mengikuti kesempatan kerja tersebut.

“Selain itu dalam waktu dekat kita juga akan mendorong para alumni dari Polbangtan dan Pepi untuk bisa mengikuti kegiatan ini dan mereka kemudian bisa bekerja di Jepang” jelasnya.

Santi berharap ketika para alumni bekerja di Jepang, mereka bisa mendapat pengetahuan dan ke terampilan yang tidak mereka dapat sebelumnyam mengingat Jepang merupakan negara yang dekat dengan penggunaan teknologi pertanian dan sebagainya.

“Setelah mereka bekerja apakah selama 3 atau 5 tahun dan kembali ke Indonesia, ereka bisa membangun daerah masing-masing dengan menerapkan teknologi yang mereka pelajari di Jepang,” ujarnya.

Santi menyampaikan sesuai keinginan Kepala BPPSDMP sebanyak 500 orang bisa dikirimkan untuk bekerja di Jepang, namun hal tersebut tidak mudah karena persyarat dan kriteria yang harus di siapkan para peserta.

Sementara itu Presiden Direktur PT. OS Selnajaya Indonesia, Satoshi Miyajima mengatakan bahwa kebutuhan tenaga kerja di Jepang sangat besar. Hal tersebut tidak lepas dari kurangnya tenaga kerja produktif di negeri tersebut.

“Permintaan tenaga kerja di Jepang semakin meningkat, karena di Jepang banyak usis tua, sedangkan dari sisi ekonomi setelah covid ini meningkat kembali. Industri pertanian, perikanan, peternakan disana memang sangat butuh tenaga kerja,” ungkapnya.

Lebih lanjut Satoshi mengatakan bahwa tahun 2024 pihaknya menargetkan dapat mengirim 400 tenaga kerja Indonesia ke Jepang termasuk didalamnya kepada sektor pertanian.

Karena itu ia mengaku kerjasama dengan pihak pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertanian agar targdt tersebut dapat tercapai. Lebih lagi untuk mencari tenaga kerja berkualitas dibidang pertanian tidak mudah.

 

Reporter : eko
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018