Senin, 17 Juni 2024


Anda Muda dan Berusaha Tani? Yuk Ikut Seleksi Young Ambassador 2024

15 Jan 2024, 11:47 WIBEditor : Gesha

Young Ambassador 2024 | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Kementerian Pertanian melalui Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian kembali akan menjaring generasi Muda yang berusaha tani menjadi Young Ambassador 2024.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti mengatakan, Young Ambassador Agriculture merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

"Young Ambassador Agriculture merupakan kegiatan pemilihan dan pelatihan petani/pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia untuk dapat menjadi duta Program YESS dengan tujuan mempromosikan dan mengajak kaum muda di wilayah Program YESS untuk terlibat secara aktif di sektor pertanian," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, tidak hanya merubah persepsi positif kaum muda terhadap sektor pertanian, tetapi juga memberikan motivasi kuat bagi mereka untuk terjun dan berkembang di dunia pertanian sejak usia muda. 

Seleksi 50 orang Young Ambassador dilakukan melalui berbagai tahap, termasuk seleksi administrasi, penilaian potensi, bootcamp, hingga tahap penjurian.

Untuk tahun 2024, Pusdiktan menyelenggarakan Young Ambassador yang kembali dibuka pendaftarannya 10 Januari -10 Februari 2024 melalui link pendaftaran https://ya.yesskementan.org/.

Lantas apa saja syaratnya?

1. Berusia 19-35 tahun pada saat mendaftar dengan melampirkan salinan KTP yang masih berlaku.

2. Pendaftar bukan merupakan anggota Duta Petani Milenial (DPM) Kementerian Pertanian RI.

3. Pendaftar adalah seorang wirausaha pertanian yang tidak sedang bekerja untuk instansi lain, bukan merupakan ASN, tidak berafiliasi dengan partai politik atau menjadi aktivis partai, serta tidak sedang menjadia calon peserta pemilihan umum.

4. Memiliki usaha di bidang pertanian di hulu atau hilir maupun keduanya, yang sudah berjalan minimal 2 (dua)tahun berturut-turut dan memiliki laporan keuangan 1 tahun terakhir.

5. Diutamakan memenuhi kriteria Usaha Mikro atau Kecil (UMK) sesuai UU Cipta Kerja.

6. Diutamakan memiliki badan usaha yang terdaftar secara kelembagaan(minimal memiliki NIB/SKU/Akta Pendirian Usaha).

7. Melampirkan surat rekomendasi dari dinas yang menangani bidang pertanian atau UPT di lingkup Kementerian Pertanian.

8. Kandidat harus memiliki akun media sosial dan harus mengikuti akun Instagram: @yessprogramme. @youngambassador2023, @bppsd- mp, @pusatpendidikanpertanian @kementerianpertanian.

9. Wajib mengunggah twibbon YoungAmbassador di akun instagrampribadi dan tag @yessprogramme@youngambassador2023, @bppsdmp, @pusatpendidikanpertanian@kementerianpertanian dan diupload di media sosial menggunakanhashtag dan tag 5 akun teman.

10. Menulis essay terdiri dari 500 -700kata berisikan visi-misi dan hal-hal yang akan dilakukan apabila menjadi Young Ambassador.

11. Membuat video profil usaha berdurasi 2 (dua) menit menggunakan format Landscapedengan kualitas video minimal720p serta audio yang jelas tentang usaha pertanian yang sedang dijalani dan diupload di Instagram menggunakan hashtag#sobatYESS #petanimudaYESS,#youngambassadoragriculturekementan dan tag 5 akun teman.

12. Bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan bootcampyang diselenggarakan oleh Panitia Penyelenggara.

13. Bersedia menjalankan tugas sebagai Duta Muda Program YESS sejak ditunjuk sebagai Duta Muda.

Reporter : Nattasya
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018