Kamis, 18 Juli 2024


Munculkan Bakat Muda Berinovasi, Polbangtan Kementan Ikuti Kompetisi Bisnis Nasional KOMIKA 2024

20 Jun 2024, 18:47 WIBEditor : Gesha

Perwakilan Polbangtan Bogor memenangkan Kompetisi bisnis | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Surakarta -- Polbangtan Kementan mengukir prestasi dengan mengirimkan bakat-bakat muda berinovasi mereka ke ajang bergengsi, Kompetisi Bisnis Nasional KOMIKA 2024, meneguhkan posisinya sebagai pusat keunggulan pendidikan pertanian di Indonesia.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor berpartisipasi dalam acara Kompetisi Bisnis Nasional KOMIKA 2024.

Kompetisi yang diikuti oleh sekitar 40 tim dari berbagai institusi pendidikan di Indonesia ini telah menampilkan ide-ide kreatif dalam bidang bisnis.

Kompetisi Bisnis Nasional KOMIKA 2024 memasuki babak krusial dengan tahapan yang seru dan penuh tantangan.

Dimulai dari pengumpulan proposal daring pada 6 Mei hingga 25 Mei 2024, proses ini menghasilkan pengumuman finalis 5 besar pada 1 Juni 2024.

Berlanjut dengan pengumpulan berkas presentasi pada 9 Juni, kompetisi mencapai puncaknya dengan sesi presentasi langsung dan pengumuman juara pada 15 Juni.

Para tim terbaik dari subsektor yang berbeda bersaing di grand final melalui platform Teleconference UNS.

Universitas Sebelas Maret (Mellowmoon), Universitas Sriwijaya (Smart Doza), Universitas Negeri Yogyakarta (Tapak Nusantara), dan Polbangtan Bogor (C'eggplast) merupakan beberapa nama yang berhasil melaju ke tahap final, siap menunjukkan inovasi dan keunggulan mereka di panggung nasional.

Pada ajang bergengsi Kompetisi Bisnis Nasional KOMIKA 2024, tidak hanya para peserta yang tampil, tetapi juga melibatkan pembina dari Kamar Agista dan Kaprodi Agribisnis UNS, serta tiga juri yang terdiri dari dosen dan wirausahawan muda.

Mereka semua hadir untuk menilai setiap aspek kompetisi, dari desain terbaik hingga presentasi yang paling memukau.

Setelah perjuangan sengit, C'eggplast dari Polbangtan Bogor muncul sebagai Juara 2, sementara Juara 3 diraih oleh tim dari UNS.

Prestasi mereka tidak hanya sekadar pengakuan atas inovasi produk, tetapi juga sebagai kesempatan emas untuk mendapatkan pandangan mendalam dari juri, yang akan membantu mereka mengasah dan meningkatkan rencana bisnis mereka ke arah yang lebih matang.

Pencapaian ini sangat disyukuri oleh anggota C'eggplast sebab lemampuan mereka dalam berinovasi diuji oleh kompetisi ini, sementara wawasan yang berharga tentang cara untuk meningkatkan kualitas produk diberikan oleh juri.

"Setelah ini kami akan melakukan penelitian dan produksi lebih lanjut terkait bisnis plan yang kami buat," ujar perwakilan dari tim C'eggplast.

Kompetisi KOMIKA 2024 tidak hanya mencerminkan komitmen tinggi para pesertanya dalam mempersiapkan setiap tahapan dengan sungguh-sungguh, tetapi juga didukung sepenuhnya oleh rekan-rekan, dosen, dan pihak kampus masing-masing.

Ajang ini bukan sekadar perlombaan, melainkan sebuah momentum penting untuk membangun dan mengembangkan bakat serta inovasi di kalangan generasi muda Indonesia dalam dunia bisnis pertanian.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, yang menyebut sektor pertanian sebagai penyangga ekonomi negara, menekankan perlunya SDM yang handal dari kalangan mahasiswa Polbangtan untuk mendorong kemajuan sektor ini.

"Indonesia harus maju lewat pertanian. Mahasiswa Polbangtan harus menjadi SDM yang berkualitas," tegasnya. 

Sementara itu, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, menyoroti pentingnya peran generasi milenial dalam mengelola pertanian dengan kreativitas dan inovasi.

"Pertanian kedepan harus menjadi modern dan berorientasi ekspor, yang dikelola oleh generasi milenial petani dan enterpreneur," paparnya.

Dengan demikian, KOMIKA 2024 tidak hanya menjadi ajang kompetisi bisnis, tetapi juga sebuah wadah untuk menggalang semangat dan kontribusi generasi muda dalam mewujudkan pertanian Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing global.

Reporter : Agm
Sumber : Polbangtan Bogor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018