Sabtu, 19 Oktober 2019


Kebun Percobaan Batu Betumpang Oase di Tengah Kebun Sawit

10 Peb 2019, 06:42 WIBEditor : Yulianto

Tabloidsinartani.com sedang mewawancarai Sugito | Sumber Foto:Gayatri

Meski baru cetak sawah tahun 2014, tapi produktivitas tanaman sudah mencapai 5 ton/ha

TABLOIDSINARTANI.COM, Bangka Selatan---Kebun Percobaan Batu Betumpang seluas 40 hektar (ha) seolah menjadi Oase di tengah kebun sawit milik masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan.  Tiga buah embung di dalamnya sering menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat sekitar.

Meski baru tahun 2014 dilakukan cetak sawah, namun berkat kegigihan Kepala Kebun Percobaan Batu Betumpang, Sugito dan juga bimbingan langsung dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat ini sudah 6  musim tanam padi berhasil dipanen dengan produktivitas sekitar 5 ton/ha.

Jenis padi yang diujicobakan adalah varietas-varietas yang dihasilkan Balai Besar Penelitian  Tanaman Padi (BB Padi) Sukamandi, yaitu Inpari, 32, inpari 39, inpari 43, Hipa 8, Hipa 18, Inpago. selain itu ada juga varietas Unsoed 1, dan varietas lokal Balok.

"Kami juga menanam beberapa tanaman hasil inovasi Badan Litbang di Kebun Percobaan ini, antara lain jeruk keprok, jagung, melon, buah naga, bawang merah. Selain  juga ada ternak sapi potong," tutur Sugito kepada Tabloidsinartani.com.

Saat ini kebun  Percobaan yang dipimpin Sugito yang selalu membaca Tabloid Sinar Tani ini menjadi rujukan petani di Bangka, khususnya dalam menerapkan teknik budidaya yang baik. "Kami mengajarkan dan bimbing petani yang datang untuk belajar cara budidaya yang baik. Disini sekarang bukan hanya tempat petani belajar, tapi lokasi embung menjadi sarana rekreasi masyarakat," ujarnya.

Reporter : Gayatri
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018