Selasa, 26 Maret 2019


Kenalin Nih, Canka Lembayung Muda Drumband Andalan dari Polbangtan Bogor

21 Peb 2019, 09:30 WIBEditor : Gesha

Marching band Canka Lembayung Muda tengah berlatih di Sukabumi | Sumber Foto:Lely

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Sukabumi --- Muda, aktif, energik, cerdas dan inovatif merupakan gambaran mahasiswa yang tergabung dalam Drum Band Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor (Polbangtan Bogor).

Rentak drum dan liukan mayoret di Komplek Asrama Haji, Kampung Cikembang, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Sukabumi begitu menyita perhatian masyarakat dan pelaku pertanian dalam acara Apresiasi Kementerian Pertanian Terhadap Capaian Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia. Kamis (21/2).

Kabag Umum Polbangtan Bogor, Rosari Hadi Armadiana mengatakan Marching Band Polbangtan Bogor dibentuk pada tahun 2015, dengan nama Canka Lembayung Muda yang berarti alunan lagu yang di mainkan oleh anak-anak muda pertanian.

Saat ini Drumband Polbangtan Bogor diketuai langsung oleh Direktur Polbangtan Bogor,  Siswoyo. Anggota dari marching band ini merupakan mahasiswa yang memiliki talenta dan telah melalui proses seleksi dari pelatih dan Pembina kemahasiswaan.

Untuk diketahui, Polbangtan Bogor merupakan Institusi pendidikan tinggi vokasi di bawah binaan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan yang merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP).
 
Transformasi ini merupakan upaya untuk regenerasi tenaga terampil di bidang pertanian yang punya semangat wirausaha atau socioagripreneur. Menjaga keberlanjutan pembangunan pertanian dengan menghasilkan sumberdaya manusia pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing.

Sehingga sebagai pendidikan non-formal, Marching Band memberikan solusi alternatif dalam berkreatifitas seni dan olahraga. "Melalui marching band pengembangan bakat dan karakter mahasiswa dapat terbentuk. Pengenalan ilmu musik, pengalaman berorganisasi, pengenalan kedisiplinan dan akuntabilitas diri merupakan beberapa manfaat riil yang dapat dirasakan seorang anggota marching band selama beraktifitas," papar Rosari.

Dibawah binaan Kasubbag Kemahasiswaan dan Alumni, Usep Rizab serta pelatih dari PUSDIKZI TNI AD Bogor, Canka Lembayung Muda telah meraih juara 2 Tingkat Nasional HUT KOPASUS tahun  2017. 

Seperti pemain musik ternama mereka pun sering kali tampil dalam acara-acara resmi seperti,  HUT Kota Bogor, HUT Kodim Bogor,  Penyambutan pasukan Garuda Yonif 215, Peresmian Jl. Protokol Prof. DR. Andi Hakim Nasution di IPB, Hari Bunga Nasional di Sekitar Kebun Raya, Hari Pangan Sedunia di GOR Pakansari, dan lain-lain.

Salah seorang Mayoret Canka Lembayung Muda, Fahmi Al Falah menjelaskam alasannya ikut dalam drum band ini karena ia ingin menyalurkan hobinya dibidang musik.

Begitu juga dengan Gilang Pratama yang berpendapat bahwa drumband merupakan icon sekolah kedinasan dimana mahasiswa dapat menunjukan kemampuan dan keberaniannya untuk tampil didepan orang banyak.

Kini, 120 orang mahasiswa yang tergabung dalam Canka Lembayung Muda berlatih keras untuk dapat tampil dihadapan Menteri Pertanian, Gubernur Provinsi Jawa Barat, pejabat Kementerian Pertanian, Pemerintah Daerah Jabar serta ribuan pelaku pertanian lainnya. Dengan bangga mereka membawakan 11 lagu yakni Mars Polbangtan, Manuk Dadali, Sio Tantina,  Tanjung Perak,  Akabri Darat, Yamko Rambe Yamko, Surabaya, Syalala, Berondong tua,  Bengawan solo serta Mars Bogor.                                                                                                        

Reporter : Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018