Selasa, 23 April 2019


Pastikan Capai Target, Penyuluh Pertanian Dilatih DUPAK Online

18 Mar 2019, 08:29 WIBEditor : Gesha

Pengisian DUPAK kini dilakukan secara online oleh penyuluh pertanian | Sumber Foto:HUMAS BPPSDMP

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Di tahun 2019. Kementerian Pertanian memiliki target utama 1 juta millenial yang akan diciptakan dan terbentuk dalam Kelompok Usaha Bersana (KUB) serta didampingi penyuluh. Program inilah yang menjadi indikator kinerja yang akan dinilai untuk penyuluh pertanian.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menjadi induk dari penyuluh pertanian mempersiapkan dengan bentuk sistem pelaporan kinerja penyuluh pertanian berbasis web dan android yang dikenal dengan Indikator Kinerja Penyuluh Pertanian IKPP (berbasis web) dan APIKLUHTAN Real Time (berbasis android). Sistem ini akan mempercepat pelaporan penumbuhan generasi muda pertanian, sehingga lebih cepat dan tepat waktu.

Karenanya, BPPSDMP melatih penyuluh pertanian dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Daftar Pengusul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Online, IKPP berbasis Web dan KUB. Setidaknya ada 387 orang terdiri dari 34 provinsi yang menghadiri Bimtek tersebut.

Dengan dilaksanakannya pelatihan DUPAK online diharapkan seluruh pejabat fungsional penyuluh pertanian sudah dapat mulai mengirimkan berkas pengajuan DUPAK-nya secara online. Masa periode pengajuan DUPAK online dapat dilakukan dalam periode satu tahun. Dan Bukti fisik penilaian DUPAK bisa dikirimkan dalam bentuk PDF/ZIP/JPG dengan ukuran maksimal 20 MB dan dapat di Upload pada aplikasi DUPAK Online Kementerian Pertanian yang dapat diakses melalui http://fungsional.pertanian.go.id/.

 

Reporter : HUMAS PUSLUHTAN
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018