Sabtu, 19 Oktober 2019


Hidroponik Kian Diminati Barito Timur

16 Apr 2019, 07:19 WIBEditor : Gesha

Pertanaman hidroponik di Barito Timur | Sumber Foto:iwan

Sayuran yang bisa dibudidayakan hidroponik antara lain Komoditi Hortikultura sawi, kangkung, selada, tomat, cabai, kembang kol, mentimun dan lain-lain

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Barito Timur --- Beberapa tahun terakhir, budidaya tanaman hidroponik system (non soil system) mulai banyak diminati di Kota Manuwu Tamiang layang Barito Timur, Kalimantan Tengah. 

Walau tidak mempunyai lahan yang luas masyarakat Kelurahan Tamiang layang Barito Timur masih bisa membudidaya komoditi hortikultura beraneka macam sesuai selera.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Dusun Timur, Erai Sairi menuturkan kelebihan hidroponik antara lain, hemat air, efisiensi tenaga dan waktu, tidak membutuhkan tempat yang luas, pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas tanaman terjaga, juga bisa diatur musimnya.

"Sayuran yang bisa dibudidayakan hidroponik antara lain Komoditi Hortikultura sawi, kangkung, selada, tomat, cabai, kembang kol, mentimun dan lain-lain," tambah PPL tersebut.

Erai menerangkan cara budidaya tanaman hidroponik system cukup mudah. Setelah benih tumbuh kemudian diletakan di netpot (bisa menggunakan gelas minuman bekas ) yang dihubungkan dengan kain flanel ke dalam wadah/bak yang berisi air campuran nutrisi.

Letakan di lokasi yang terkena sinar matahari. Air dan nutrisi harus tercukupi, pada kisaran PPM 800 - 1300 . Untuk menambah oksigen air menggunakan pompa air agar tidak terjadi busuk akar.

Reporter : IWAN
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018