Kamis, 27 Juni 2019


Jaring SDM Program READSI Kalbar, Fasilitator Desa Dites

21 Mei 2019, 19:24 WIBEditor : Gesha

Pengumuman bagi peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis dan wawancara, akan diumumkan setelah seluruh proses seleksi selesai dilaksanakan di enam provinsi lokasi Program READSI. | Sumber Foto:NUR FAJAR

Tes tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Surat Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Nomor : B-8956/TU.020/1.4/05/2019.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Pontianak --- Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Initiative (READSI) tak hanya menggunakan penyuluh sebagai SDM peningkatan mutu petani, tetapi juga fasilitator desa. Untuk menjaringnya, serangkaian tes harus dilalui mereka.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian melalui Pusat Pelatihan Pertanian melaksanakan tes tertulis dan wawancara (Focus Group Discussion/FGD) Tahap I bagi calon Fasilitator Desa (FD) Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling up Initiative (READSI).

Pelaksanaan rekrutmen FD,  dilakukan berdasarkan prinsip objektif, akuntabel dan bebas dari korupsi serta kolusi. 

Tes dilaksanakan di Grand Kartika Hotel, pada hari Selasa 21 Mei 2019 dengan calon FD yang mengikuti tes sebanyak 116 orang yang telah dinyakan lolos verifikasi oleh Tim yang berasal dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Barat dan Tim Pusat/READSI.

Tes tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Surat Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Nomor : B-8956/TU.020/1.4/05/2019.

Dalam sambutannya, Tim Pusat yang diwakili oleh Ir. Dwihayanti, M.Si menyatakan bahwa FD yang lulus tes adalah orang-orang terpilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan Program READSI.

"Apabila bekerja nanti dalam proses pendampingan, jadilah motivator bagi sasaran yang dalam hal ini adalah kelompoktani untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya," ujar Dwihayanti.

Pengumuman bagi peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis dan wawancara, akan diumumkan setelah seluruh proses seleksi selesai dilaksanakan di enam provinsi lokasi Program READSI.

Tahapan selanjutnya adalah dikeluarkannya SK Penetapan FD. Semoga setelah adanya perekrutan FD ini kegiatan Program READSI berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Reporter : Nur Fajar
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018