Sabtu, 17 Agustus 2019


Dongkrak Produksi Padi, PPL Buat Demplot Penyuluhan Sapta Usaha Tani

13 Jun 2019, 06:55 WIBEditor : Ahmad Soim

Taisin PPL di Sambas dan sawah yang dijadikan Demplot Penyuluhan Sapta Usaha Tani | Sumber Foto:Taisin

Para petani juga saya ajarkan cara menggunakan transplanter., menerapkan sistem tanam Hazton 4:1, juga panen padi dengan menggunakan combain harvester (mesin pemanen).

 

 TABLOIDSINARTANI.COM – Para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) membuat Demplot Penyuluhan Sapta Usaha Tani di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) untuk  memotivasi petani mengangkat produksi padi nasional.

 

Taisin, PPL di Kecamatan Selakau, Sambas mengatakan menyuluh petani tidak cukup dengan kata-kata, melainkan harus dengan contoh nyata, yakni dengan Demplot Penyuluhan.

 

“Hasilnya yang tadinya petani enggan menggunakan  pupuk, sekarang sudah menggunakan pupuk. Para petani sudah mulai mencari  benih yang bermutu walau pun tidak bersertifikat , mulai mengolah tanah,” jelasnya kepada Sinar Tani (13/6).

 

Demplot Penyuluhan kata Joko Samiyono dari Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian diprogramkan Kementan untuk penguatan peran PPL dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di setiap kecamatan. Tujuannya untuk meningkatkan  kapasitas petani.

 

“Saya tahu masalah penggunaan pupuk yang masih rendah oleh petani di sini, karena tahu dari kios kios pupuk di sini. Merubah sikap petani tidak cukup dengan kata kata, melainkan harus dengan contoh nyata, maka kami buatkan Demplot penyuluhan ini,” tambah Taisin PPL Kec Selakau, Kabupaten Sambas.

 

Para petani juga saya ajarkan cara menggunakan transplanter., menerapkan  sistem tanam Hazton  4:1, juga panen padi dengan menggunakan combain harvester (mesin pemanen).

 

Penyuluhan Demplot ini lanjutnya dilakukan di Desa Gayung Bersambut Kec. Selakau, juga di Desa Sungai  Rusa. Saya masih titik beratkan penggunaan pupuk.  “Ada anggapan petani  takut memupuk  takut dengan serangan tikus,  setelah kita  coba  Demplot pemupukan  ternyata tidak habis oleh tikus. Sekarang petani pada pesan pupuk  seperti  Demplot di Desa Sungai Rusa pada Musim Tanam (MT) Rendengan kemarin,” tambahnya.

 

“Pada panen kemarin  produksinya 2.4 ton / Ha, dengan adanya demplot ini hasilnya kita harapkan bisa lebih tinggi,” kata Ketua Gapoktan Harapan Baru  Amidan

 

“Penyuluh itu tidak boleh miskin dan tidak bisa miskin asalkan berdoa, bekerja, berusaha, dan bersedakoh,  terutama sodaqoh ilmu pertanian kepada para petani.. Kita bisa Nikmati hasilnya,” tambah Taisin kepada Sinar Tani menitip pesan kepada para PPL.

 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018