Sabtu, 17 Agustus 2019


Pasarkan Hasil Sayuran Petani, BPP Sukabumi Lakukan Monday Friday Market

18 Jun 2019, 14:23 WIBEditor : Gesha

Pasarkan sayuran hasil petani, BPP Sukabumi lakukan Monday and Friday Market | Sumber Foto:LELY

Seluruh produk yang dijual di Monday dan Friday market adalah produk segar langsung dari petani dan merupakan produk berkualitas. Bahkan beberapa produk telah memiliki sertifikat prima 3.

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Sukabumi --- Gebrakan baru dilakukan oleh Sukabumi. Dengan hasil sayuran yang beragam, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sukabumi, mencoba untuk menyajikan ide kreatif berupa kegiatan jual beli hasil tanaman terutama produk hortikultura dan tanaman pangan. 

Kegiatan jual beli hasil pertanian ini kemudian disebut dengan Monday Market  dan Friday Market. Kepala BPP Sukabumi, Diat Sujatman menjelaskan pemberian nama Monday and Friday Market.

"Karena profesi yang merangkap sebagai petugas di BPP Sukabumi sehingga kegiatan  dilakukan dua kali selama satu minggu, yaitu hari senin yang disebut Monday Market dan hari Jumat dikenal dengan Friday Market,”ungkapnya.

Sasaran konsumen dari kegiatan ini adalah end user (konsumen terakhir) sehingga memotong jalur distribusi pemasaran dari petani ke konsumen.

Untuk kualitas dari produk-produk yang dijual jangan diragukan lagi karena seluruh produk yang dijual di Monday dan Friday market adalah produk segar langsung dari petani dan merupakan produk berkualitas. Bahkan beberapa produk telah  memiliki sertifikat prima 3.

Tujuan utama kegiatan ini,  selain untuk memotong mata rantai penjualan sayuran yang berumur simpan hanya sebentar, juga memberikan edukasi ke petani mengenai cara  penanganan pasca panen, pengemasan  dan labeling sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomi dari produk tersebut.

"Untuk sementara ini sistem penjualan masih sistem PO (Pre Order) melalui media sosial maupun whatsapp. Sehingga stok yang dijual pada hari yang ditentukan sesuai dengan jumlah pembeli atau konsumen," tuturnya.

Diat mengungkapkan  harapan terbesarnya kedepan petani bisa secara langsung menjaga link yang sudah dibangun dan mengembangkan pemasaran serta menjual secara langsung ke konsumen sehingga nilai ekonomi produk dari hasil pertanian meningkat dan kualitas produk juga semakin ditingkatkan.

Disisi konsumen, mereka bisa memperoleh produk pertanian terutama sayuran yang segar dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Reporter : Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018