Senin, 18 November 2019


Menjanjikan ! Lulusan SMKPP Negeri Saree Diterima Universitas Negeri

26 Jun 2019, 15:46 WIBEditor : Gesha

Lulusan-lulusan terbaik dari SMKPP Saree banyak diterima di Univeritas Negeri di Indonesia | Sumber Foto:LELY

Sebanyak 19 orang telah diterima di berbagai kampus negeri di Indonesia seperti : Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikulsaleh (Unimal), Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Samudera (Unsam), Universitas Andalas Padang, Politeknik

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh --- Memasuki pertengahan tahun, banyak sekolah yang melakukan wisuda atas peserta didiknya. Tak terkecuali Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree Provinsi Aceh. Bahkan lulusan terbaiknya mampu diterima di Universitas Negeri.

Di tahun ajaran 2018/2019 kali ini, SMK PP Negeri Saree melakukan  wisuda sebanyak 161 lulusan yang merupakan angkatan 50.

Acara wisuda tersebut dihadiri orang tua/wali murud,   Plt. Sekda Aceh, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Kementerian Pertanian RI, Perwakilan Direktorat Pembinaan SMK (Dit-PSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Kepala Dinas Peternakan Aceh, Kepala SKPA lainnya, Pejabat Dinas Pertanian dan Perkebunan aceh, Dinas Pendidikan aceh, para undangan dari berbagai SMK Banda Aceh, Aceh Besar, Bireuen, hingga Aceh Jaya dan Pelaku Usaha bidang industri pertanian, serta perwakilan kantor/dinas sekitar Saree.

Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin, SP, MP dalam laporannya menjelaskan bahwa ke 161 lulusan ini merupakan siswa dari 4 Kompetensi Keahlian yaitu :  Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura (ATPH) (62 orang) Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) (55 orang) Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) (28 orang) dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) (16 orang).

Ditambahkan Muhammad Amin, dari 161 lulusan ini, sebanyak 19 orang telah diterima di berbagai kampus negeri di Indonesia seperti : Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikulsaleh (Unimal), Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Samudera (Unsam), Universitas Andalas Padang, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Bogor, dan Malang.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan), Dr. Idha Widi Arsanti, SP,MP dalam sambutannya mengatakan, di era industri 4.0 arah pembangunan pertanian merupakan upaya transformasi menuju perbaikan pembangunan pertanian dengan mengintegrasikan dunia online lini produksi di industri, dimana semua proses produksi berjalan dengan menggunakan digitalisasi.

“Guna mencapai arah pembangunan pertanian tersebut, Kementerian Pertanian telah menetapkan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pertanian dalam Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A. Hanan, SP,MM menyatakan dukungannya  untuk terus memajukan dan meningkatkan kualitas Sumberdaya manusia dan fasilitas pendukung pendidikan bagi ke 3 SMK-PP Negeri Aceh.

“Dengan adanya dukungan penuh ini, diharapkan SMK-PP Negeri Saree dapat terus mendidikan dan menghasilkan lulusan terbaik. Dukungan ini telah memberikan hasil yang dapat kita lihat sekarang,” paparnya .

Bak gayung bersambut, dukungan lainnya pun disampaikan oleh Kasie Penilaian Subdit Kurikulum, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit-PSMK) , Marsudi Utomo, S.St. 

"Dit-PSMK juga terus berusaha merevitalisasi SMK se Indonesia, dimana ini sesuai dengan amanat Instruksi Presiden nomor 9 Tahun 2016. Namun,  itu semua perlu didukung dengan pembangunan soft skill atau karakter siswa SMK juga terus dibenahi dan ditingkatkan oleh Dit-PSMK. Oleh karena itu, kami mohon peran besar dari pihak sekolah, kepala sekolah, guru, warga kampus, tokoh masyarakat/pendidikan, dan semua pihak untuk memberi perhatian khusus terhadap perbaikan karakter ini,” harapnya.

Kegiatan wisuda yang dilaksanakan di  aula kampus 1 SMK-PP Negeri Saree ni dirangkai dengan kegiatan Peresmian Penggunaan Gedung Induk SMK-PP Negeri Saree oleh Plt. Sekda Aceh, Ir. Helvizar Ibrahim, M.Si. Gedung Induk 2 lantai ini merupakan hasil dari Bantuan Kementerian Pertanian RI melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017 dan 2018 melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

 

Tak hanya peresmian gedung, penandatangan Kesepakatan Kerjasama dalam bentuk MoU dengan 9 Dunia Usaha dan Industri serta lembaga/instansi pemerintah pun menjadi rangkaian acara ini.

Kesepakatan kerjasama dilakukan dengan  Aceh Farm School (Produksi dan Budidaya Pertanian dan Peternakan), PT. Mopoli Raya Aceh Tamiang (Budidaya dan Produksi Kelapa Sawit), Balai Ternak Non Ruminansia Dinas Peternakan Aceh (Budidaya Ternak Non Ruminansia), PT. Ciomas Adisatwa Banda Aceh (Budidaya dan Produksi Unggas/Ayam Broiler).

Kemudian PT. Rumoh Ummy Foodista Banda Aceh (Pengolahan Hasil Pertanian), Rumah Kemasan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh (Pengolahan Hasil Pertanian), Rumah Potong Hewan Banda Aceh (Pengawasan Ternak dan Kesehatan Hewan), PT. Karya Semangat Mandiri Medan (Budidaya dan Produksi Ternak Unggas/Ayam Broiler), hingga Perusahaan Dendeng Aceh Gunung Seulawah (Pengolahan Hasil Daging Sapi).

Kerjasama ini dimaksudkan Peningkatan Mutu Pendidikan, Penelitian, Magang, Praktek Kerja Lapangan, Pemasaran Tenaga Kerja, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Diharapkan dengan MoU kerjasama tersebut dapat menjadi salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan SMK – PPN Saree Saree.

Reporter : Lely
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018