Saturday, 22 February 2020


Melody Eks JKT48, Ajak Generasi Muda Cintai Pertanian

04 Nov 2019, 12:42 WIBEditor : Yulianto

Melody eks JKT 48, Duta Persahabatan Jepang-Asean untuk Pangan dan Pertanian | Sumber Foto:Clara

Ketika generasi muda enggan terjun ke dunia pertanian, Melody yang kini tak lagi menjadi anggota Group JKT48 justru tak malu ke lapangan bertemu petani di ladang dan tersengat matahari

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Bagi generasi muda pasti kenal dengan Melody JKT48. Artis cantik bernama lengkap Melody Laksani ini sejak tahun 2018 menjadi menjadi Duta Persahabatan Jepang-ASEAN untuk Pangan dan Pertanian.

Ketika generasi muda enggan terjun ke dunia pertanian, Melody yang kini tak lagi menjadi anggota Group JKT48 justru tak malu ke lapangan bertemu petani di ladang dan tersengat matahari.

Melalui Proyek Kemitraan Publik-Swasta untuk Perbaikan Sistem Pemasaran dan Distribusi Produk Pertanian (IJHOP) yang dijalankan Kementerian Pertanian dan Japan International Cooperation Agency (JICA), Melody turut berkontribusi dalam kegiatan di lapangan bersama dengan petani hortikultura di Cianjur.

Walaupun fokus utama kegiatannya adalah perbaikan rantai pasok produk hortikultura, tetapi saya mendapatkan pengalaman lainnya. Proses budidaya, kegiatan penyemaian hingga panen untuk sayuran Jepang seperti buncis, tomat momotaro dan wortel kuruda,” katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Terjun ke sawah bersama petani dan mendalami dunia pertanian sebenarnya bukan hal baru bagi Melody. Siapa sangka ia ternyata alumni Fakultas Pertanian, Universitas Padjajaran, Bandung.

Bahkan Melody berharap kegiatan di lapangan yang selama ini dilakukan memberikan dampak kepada generasi muda agar mau berkecimpung di dunia pertanian. Karena itu tiap kegiatan yang di lapangan bersama petani, ia  kerap sebarkan ke media sosial (medsos).

Bukan bermakud mencari popularitas atau sensasi, tapi Melody berharap generasi muda ikut mencintai dunia pertanian. “Bertani itu sangat menyenangkan. Apalagi saya juga merupakan lulusan pertanian, jadi menurut saya dengan adanya kegiatan yang saya ‘share’ di medsos dapat mengajak kaum muda untuk berkecimpung di dunia pertanian,” ungkapnya mantan Idol Group JKT48.

Bukan hanya generasi muda yang menjadi target Melody untuk lebih mencintai dunia pertanian, melainkan mendorong petani di Indonesia untuk dapat menghasilkan produk hortikultura yang berkualitas serta dapat diterima di pasar modern. “Ini kegiatannya sungguh positif karena menjadi sarana edukasi kepada petani atau masyarakat luas agar dapat menghasilkan sayuran yang berkualitas,” tuturnya.

Melody mengakui, kegiatan yang diusung di dalam proyek ini lebih diutamakan ke masalah pemasaran. Karena itu bersama JICA dibangun rantai pasok yang efektif bagi produk hortikultura dengan menghubungkan kelompok tani (poktan) dan pasar modern.

Reporter : Clara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018