Thursday, 03 December 2020


Rahmat Dapat Berkah Tanam Bawang Merah 'Off Season'

10 Jan 2020, 16:36 WIBEditor : Gesha

Rahmat mendapatkan berkah dari bertanam bawang merah off season | Sumber Foto:TARMINAH

TABLOIDSINARTANI.COM, Indramayu --- Untuk mencegah fluktuasi produksi dan fluktuasi harga, sebaiknya budi daya tanaman bawang merah ini dilaksanakan sepanjang tahun antara lain melalui budi daya di luar musim (off season). Dengan melakukan budidaya di luar musim diharapkan petani mendapatkan keuntungan besar karena stok bawang merah sedikit kebutuhan banyak sehingga harga bisa naik, seperti yang diterapkan petani milenial Desa Mulyasari kecamatan Bangodua, Rahmat.

Berdasarkan hasil penelusuran Rahmat tentang budidaya tanaman bawang merah di luar musim pada tahun 2019 sekitar wilayah III Cirebon tidak begitu banyak yang tanam. Mengingat masa kemarau yang cukup panjang banyak petani bawang yang membiarkan lahannya bera tidak ditanami. Situasi yang demikian  membuat Rahmat berusaha mengolah tanahnya seluas 2.800 m persegi ditanami bawang merah.

Dari mulai tanam sampai pemeliharaan tanaman bawang merah di luar musim ini tidak terlalu banyak masalah, untuk penyiraman diambil dari sumur pantek yang sudah tersedia dengan pompanisasi. Sementara itu hama penyakit juga tidak begitu tinggi prosentasi serangannya.

Dengan kegigihan dan modal semangat tinggi dari Rahmat dalam mengelola tanaman bawang merah di luar musim, akhirnya sampai jua pada waktunya panen, 60 hari setelah tanam. Rasa lelah yang Rahmat alami terbalaskan, kegigihannya membuahkan hasil berupa pendapatan yang tinggi, bawang merah yang dibudayakannya dilelang seharga Rp 70 juta.

Budidaya bawang merah ini menghabiskan biaya (modal usaha tani) sekitar Rp 34.050.000 terhitung dari mulai bibit, tenaga kerja, sarana produksi pupuk dan pestisida, serta biaya panen.

Tidak terasa, lelah Rahmat selama dua bulan menunggu waktu musim tanam padi terbayarkan dengan keuntungan tanam bawang merah diluar musim 2,800 meter persegi sebesar Rp 350.950.000.   

Reporter : Tarminah (Penyuluh Pertanian Madya)/Tiara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018