Tuesday, 22 September 2020


Ulus Purnawan Tetap Berproduksi Pangan Meskipun Pandemi Corona

24 Mar 2020, 08:59 WIBEditor : Gesha

Ulus Pirnawan tetap berproduksi untuk masyarakat | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Lembang -- Satu pekan sudah himbauan untuk membatasinya aktifitas di luar rumah diterapkan di masyarakat, banyak masyarakat yang mempersiapkan stok bahan pangan di rumahnya. Salah seorang duta pengusaha pertanian milenial, Ulus Pirnawan yang juga ketua Gapoktan Wargi Panggupai Lembang Jawa Barat mengungkapkan bahwa ia dan rekan-rekan anggota kelompoknya tetap berproduksi ditengah-tengah hiruk pikuknya Pandemi Corona.

"Kami tetap menanam dan memanen sayur mayur seperti buncis, selada, cabai, tomat, timjn, sawi, bayam jepang, brokoli dan lainnya. Bahkan saat ini produksi kami meningkat sekitar 30%, hal ini dikarenakan permintaan  akan kebutuhan pangan khususnya sayuran meningkat," tuturnya.

Bahkan setiap hari pihaknya masih mengirim sayuran untuk memenuhi Toko Tani Indonesia (TTI) selain memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Lembang  "Selain sayuran kami juga memproduksi tahu, kami bisa memproduksi dua kali lipat dan selalu habis dalam sehari. Tentunya kami tidak mengambil peluang keuntungan lebih dengan menaikan harga pada kondisi saat ini, harga yang kami berikan pastinya harga petani yang sangat bersahabat," ungkap Ulus. 

Khusus untuk ekspor baby buncis dan buncis super saat ini memang sedang ada penurunan dalam segi jumlah, biasanya dalam satu hari Ulus bisa mengekspor dua ton saat ini hanya satu ton. Hal ini karena adanya kebijakan dari negara tujuan untuk komoditi ekspor seperti Malaysia. 

Saat ini dirinya masih mengekspor baby buncis ke Singapura tetapi jumlahnya berkurang karena jadwal pengiriman oleh pihak ekspedisi yang tadinya sehari dua kali saat ini hanya satu kali.

"InshaAllah kami tetap akan berjuang membantu masyarakat, karena kami petani kami akan memproduksi bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat," jelasnya.

Ulus meminta agar masyarakat tidak perlu takut dan melakukan panic buying untuk memenuhi kebutuhan pangan. "Kami para petani akan terus menaman dan memproduksi  bahan pangan yang bermutu dan berkualitas bagi seluruh masyarakat. Jangan panik, tetap waspada dan jaga kesehatan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar," pesan Ulus.

Reporter : Lely
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018