Friday, 10 July 2020


Ayudia Bing Slamet dan Keluarga Kecilnya Asyik Berkebun di Balkon

12 May 2020, 11:25 WIBEditor : Gesha

Ayudia Bing slamet | Sumber Foto:Ditto

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Di masa Pandemi COVID 19 ini, banyak artis dan public figure yang menekuni hobi barunya yaitu berkebun. Salah satunya adalah Ayudia Bing Slamet dengan keluarga kecilnya yang memilih balkon rumah di lantai 2 menjadi lokasi berkebun.

"Kita nyebutnya edible rooftop garden karena memang yang ditanam disini bisa dimakan langsung semua. Daripada beli di supermarket yang bisa layu kalau enggak dipakai lagi," tulis Ayudia Bing Slamet di akun Instagramnya, @ayudiac. 

Kebun di atap atau bahasa kerennya rooftop garden ini memang impian lama dari Ayudia. "Kaya chef-chef luar negeri yang tinggal petik bahan makanan dari halaman rumahnya. Tapi karena keterbatasan space, akhirnya di balkon saja. Alhamdulilahnya, posisi rumahku itu pas menghadap matahari terbit dan masih dapat sinar matahari senja," tambahnya.

Ayudia menambahkan sekarang di toko online sudah banyak yang menjual tanaman konsumsi yang tinggal dirawat. "Terharu sumpah, kalau tidak ada work from home atau kebijakan #DiRumahSaja belum tentu bisa kesampaian seperti ini. Ayo semangat kita lawan Pandemi dengan kegiatan bermanfaat," serunya.

Keinginan Ayudia untuk mulai bertanam dan berkebun ini diakuinya muncul di awal Januari 2020 silam dan dirinya mulai rajin mengikuti workshop bertanam di @nanemtaneman.  "Kebetulan memang di awal Januari ini pindahan ke rumah baru dan ingin rumahnya diisi dengan tanaman. Makanya ikutan workshop itu," jelasnya.

Dirinya mulai mencoba menanam tanaman hias bernama 'Janda Bolong' (Monstera Adansonii Variagated) dan tanaman Sirih Gading menggunakan botol bekas kedai kopi miliknya, Stuja Cofee. Kemudian dilanjutkan dengan bertanam tanaman daun jeruk. Bahkan bertanam cabai rawit pun sempat digeluti Ayudia. 

"Setiap bertanam, saya selalu ajak ngbrol tanaman. Karena yang saya tahu, tanaman itu juga makhluk hidup jadi ya dengan doa-doa yang baik, harapan-harapan yang baik, tanaman-tanaman tersebut bisa bertumbuh dengan baik," tuturnya.

Ayudia mulai menemukan kesukaannya ketika berhasil menumbuhkan tanaman mint, daun pandan, daun kare, daun salam, thyime, oregano, dan lain sebagainya. "Awal-awal memang sulit untuk mulai pindah tanam ke pot baru di rumah, tapi lama kelamaan jadi bisa karena terbiasa," tuturnya.

Kebiasaan berkebun ala Ayudia ini pun didukung oleh sang suami, Muhammad Pradana Budiarto atau lebih dikenal Ditto dan sang anak, Dia Sekala Bumi. Bahkan setiap sore hari, Sekala tidak segan membantu Ayudia untuk menyemprot tanaman-tanaman tersebut. "Sambil nyemprot biasanya diajarkan jug untuk dia (Sekala) ngobrol sama tanamannya itu," tambah Ayudia.

Di akun Instagram miliknya, Ayudia pun tidak segan membagi pengalamannya dan tips tips berkebun sehingga bisa diikuti siapa saja. "Pokoknya, kalau ada apa-apa atau butuh saran, bisa Googling aja atau tanya ke temen kamu yang sarjana pertanian. Ayo gangguin mereka seputar pertanyaan pertanian dan tumbuhan," saran Ayudia. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018