Tuesday, 14 July 2020


M. Tanfidzul Khoiri, Geluti Hulu Hilir Peternakan Kambing

24 Jun 2020, 13:15 WIBEditor : Gesha

Peternak milenial | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Madiun --- Usaha Peternakan Kambing sebenarnya sangat menarik jika ditekuni, tak hanya pembesaran kambing saja tetapi juga usaha hulu hilir. Seperti yang dilakukan Tanfidzul Khoiri.

Tanfidzul merupakan pemilik Kandank Oewang, Ketua P4S LKPNU (Lembaga Kajian dan Pengembangan Potensi Umat) yang dibina Pusat Pelatihan Pertanian. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian.

Usaha yang telah ditekuninya selama delapan tahun ini membuahkan hasil yang memuaskan. Kini usahanya sudah membuahkan omzet Rp 90 jutaan per bulan atau mencapai Rp 1,098 Milyar per tahun.

Angka tersebut diperoleh dari usaha peternakan kambing/domba, pakan silase dan konsentrat, pupuk organic dan melayani aqiqoh siap saji dan kambing guling, serta perlengkapan ternak ruminansia.

“Alhamdulillah setiap hari pemasukan dari penjualan silase dan konsentrat, ternak domba, pelatihan baik secara manual sebelum covid-19 dan secaran online, pupuk organic, melayani aqiqoh siap saji, dan kambing guling," beber Tanfidzul.

Dirinya merinci dengan domba 80 ekor ada yang beranak dan ada yang dibeli peternak lain, produksi kotoran setiap hari rata-rata 80 kg dan harga jual kompos per karung kecil Rp 20.000, produksi silase setiap bulan 30 ton dengan harga Rp 1100/kg, konsentrat produksi per bulan 30 ton dengan harga Rp 4500/kg, penjualan domba untuk aqiqah dengan harga 1,5 – 2,5 Juta,

Tanfidzul Khoiri mengakui profesinya ini sangat “Keren“ sebab ada banyak manfaat dari profesi sebagai peternak atau terlibat dalam bidang pertanian, di antaranya adalah kebebasan mengatur waktu, sehat secara fisik karena senantiasa berkeringat dan dapat berkomunikasi secara batin pada ternak yang diusahakan.

"Saya berharap agar generasi muda tidak takut untuk bermimpi menjadi peternak. Jangan takut dan ragu untuk terjun dalam sektor peternakan. Beternak itu menjanjikan dan menguntungkan," tegasnya.

Dirinya menjelaskan sekarang sudah semakin banyak yang merasakan manfaat dari sisi finansial jika fokus di bidang peternakan. "Bahkan ada diantara rekan kami pengelola P4S sesama petani muda yang mampu mendapatkan keuntungan hingga Rp. 100 juta dalam sebulan," tambahnya.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018