Monday, 28 September 2020


Nasrullah, Gembala Baru di Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan

06 Aug 2020, 17:44 WIBEditor : Gesha

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Setelah sempat disebut-sebut sebagai nama yang akan menggantikan I Ketut Diarmita sebagai gembala di Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian, akhirnya Kamis (6/8) nama Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc resmi dilantik.

Sebanyak 9 pejabat pimpinan tinggi yang terdiri dari 1 orang Eselon I, 7 orang Eselon IIa, dan Eselon IIb dilantik langsung oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Kamis (6/8). Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 132/TPA Tahun 2020 tangga; 30 Juli 2020 tentang Pemberhentian dan Pengankatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Pertanian.

Dari 9 nama yang dilantik, terdapat nama Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc yang telah resmi dilantik menjadi Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menggantikan I Ketut Diarmita.

Nama Nasrullah selama 6 bulan terakhir memang santer didengar di kalangan wartawan sebagai salah satu yang berpeluang besar menjadi gembala baru di Ditjen PKH Kementan. Selain tiga nama lainnya yang memang moncer kiprahnya di Ditjen PKH. 

Nasrullah sendiri bukanlah orang baru di lingkungan Ditjen PKH. Jabatan sebelumnya pun sangat bergengsi dan berpengaruh di Ditjen PKH yaitu Sekretaris Ditjen (Sesditjen) PKH sejak 2017. Jauh sebelum itu, Nasrullah juga banyak dikenal sebagai Direktur Pakan sejak tahun 2015. 

Nasrullah masuk di lingkungan Kementerian Pertanian diawali menjadi ajun peneliti muda di Balai Penelitian Ternak (Balitnak), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) di tahun 1996.

Kariernya pun kian menanjak dan sempat menjadi Pj. Kepala BPTP Sulawesi Selatan, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) sejak November 2008 hingga Desember 2011. Termasuk menjadi Kepala Balai Penelitian Ternak, Puslitbang Peternakan berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 5398/Kpts/KP.330/12/2011 tertanggal 30 Desember 2011.

Kini, tantangan Nasrullah kian terlihat nyata sebab arah gerobak peternakan semakin ditentukan oleh kebijakan yang dirinya ambil. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus bisa diselesaikan oleh dirinya dan seluruh jajarannya di Ditjen PKH. Mulai dari masa depan bisnis perunggasan, masa depan pemenuhan protein hewani melalui sapi dan kerbau, masa depan pakan, berbagai permasalahan sosial ekonomi peternak kecil vs industri, hingga penyakit zoonosis yang merugikan sektor peternakan.

Mari kita nantikan gebrakan apa saja yang diberikan oleh sang gembala ini.

Reporter : Nattasya
Sumber : Kementan
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018