Saturday, 24 October 2020


Andien, Lebih Sehat dengan Pangan Lokal

23 Sep 2020, 11:17 WIBEditor : Yulianto

Menu makan Andien, sehat dari pangan lokal | Sumber Foto:Instagram

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--Lebih sehat dengan pangan lokal. Itulah yang dirasakan penyanyi jazz tanah air, Andien Aisyah. Penyanyi yang akrab disapa Andien ini ternyata sudah sejak lama menerapkan diversifikasi pangan.

Sejak divonis ada tumor payudara, Andien mencoba untuk hidup lebih sehat. Apalagi  riwayat keluarganya tidak pernah ada yang mengidap tumor atau kanker. Setelah ditelaah ternyata tumor tersebut karena pola makannya yang kurang terjaga.

Andien bercerita, dirinya divonis kena tumor di payudara saat masih duduk dibangku SMA. Akhirnya seluruh keluarga mengubah pola konsumsi. Jika semula lebih menyukai makanan cepat saji, kini berhenti total. “Saya stop sama sekali. Dari sinilah kita sebisa mungkin menerapkan masak di rumah,” ungkapnya.

Pola konsumsi makan makanan sehat ini ternyata berlanjut hingga Andien mempunyai buah hati. “Saya kurangi makanan yang tidak guna, lalu untuk sumber karbohidratnya saya ganti dengan non beras,” ujarnya.

Sumber karbohidrat non beras yang dikonsumsi Andien dan keluarga adalah jali-jali (barley), oyek (beras singkong), sawut (singkong), dan nasi shirataki (iles iles). Bahkan kini ia tengah ‘tergila-gila’ dengan barley (jali-jali). “Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia, tapi entah mengapa kalah populer dengan nasi putih. Padahal mengandung banyak nutrisi,” ungkapnya.

Andien mengonsumsi jali-jali tidak hanya seperti nasi, melainkan juga diolah seperti bubur kacang hijau. Nasi singkong atau oyek pun menjadi bagian dalam menu penyanyi lagu Gemitang ini. Sawut yang merupakan olahan singkong pun tak luput dari piringnya. Saat mengonsumsi sawut, Andien mengkombinasikan dengan pesmol ‘ikan’ vegan, ‘chicken’ katsu vegan, kacang hijau goreng, dan bayam Jepang (horenzo).

Reporter : clara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018