Senin, 17 Juni 2024


UIN Jakarta Launching Pusat Inovasi Agribisnis, Paten Inovasi Balitbang Pertanian Terbanyak

31 Okt 2020, 09:08 WIBEditor : Ahmad Soim

Launching Pusat Inovasi Agribisnis UIN Jakarta | Sumber Foto:Ahmad Soim

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta – Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta melaunching Pusat Inovasi Agribisnis (PIA). “Sekarang adalah waktu yang tepat.  Manusia perlu makan, minum yang segar maupun olahan, pangan sangat perlukan Indonesia maupun dunia,” kata Rektor UIN Jakarta, Prof Amany Lubis (30/10).

Dunia persaingan bisnis tak sebaik sebelumnya. “Ekonomi kita mengalami krisis, termasuk ada krisis  global. Banyak perusahaan tutup, namun sektor pertanian tumbuh positif. Kita dorong inovasi agribisnis untuk penciptaan nilai baru yang direspon positif pasar,” tambah Prof Amany Lubis.

Pada saat launching PIA UIN Jakarta ini juga diadakan Webinar “Inovasi Produk Agribisnis Halalan Thayyiban”.

Kepala Badan Litbang Pertanian Kementan Dr. Fadjry Djufry yang hadir sebagai pembicara dalam webinar ini mengatakan lambaganya mampu menghasilkan paten terbanyak.

Selama periode 2018 – Agustus 2020, Badan Litbang Pertanian Kementan bisa menghasilkan paten sebanyak 146 buah, LIPI 82 buah, Batan 26 buah, BPPT 25 buah dan Lapan 20 buah.

Pada tahun 2019, royalty yang diperoleh dari alih teknologi Badan Litbang Pertanian dari perusahaan swasta sebesar Rp 9,8 miliar. “Dana ini sebagiannya adalah untuk digunakan riset dan pengembangan,” tambah Fadry Djufry.

Dr (HC) Nurhayati Subakat Komisaris PT Paragon Technology and Innovation yang salah satunya mengembangkan kosmetik halal Wardah, dalam webinar ini mengatakan innovasi itu selain penciptaan teknologi baru, juga cara atau proses baru yang bisa memuaskan pelanggan dan pengembangan pasar.

Ketua Prodi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Dr Siti Rochaeni dalam webinar memaparkan materi tentang “Membangun Inovasi dalam Pembelajaran Agribisnis”.

“Inovasi dalam pembelajaran Agribisnis adalah untuk menghasilkan individu yang berpikiran inovatif dalam menghadapi beragam dinamika perubahan agar terselenggaranya bisnis berkelanjutan,” tambah Siti Rochaeni sambil menunjukkan bahwa Prodi Agribisnis UIN Jakarta terakreditasi A.

 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018