Sunday, 24 January 2021


Harvick Hasnul Qolbi, Cendikiawan NU Pendamping SYL

24 Dec 2020, 13:30 WIBEditor : Gesha

Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo | Sumber Foto:Kementan

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Selain melantik 6 menteri, Presiden Joko Widodo, Rabu (23/12) juga melantik beberapa orang Wakil Menteri, salah satunya menjadi pendamping Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mempercepat pembangunan sektor pertanian yaitu Harvick Hasnul Qolbi.

Nama Harvick Hasnul Qolbi belumlah sepopuler Syahrul Yasin Limpo yang sudah malang melintang di dunia pertanian dan birokrasi. Tak banyak infomasi terkait pria berdarah Minang yang dapat digali. Namun, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Presidium MPP Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda.

Belum lagi posisi penting di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Saat ini, Harvick menjabat sebagai Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU). Di NU, tugasnya sebagai pelaksana pengembangan ekonomi warga Nahdlatul Ulama.

Pada akhir 2015, ia pernah maju dalam pemilihan Ketua Umum Persija dan bersaing dengan Effendi Ghozali. Meski tak dikenal luas di kalangan sepak bola tanah air, jaringan luas yang dimilikinya diyakini dapat memudahkan tim kebanggaan DKI Jakarta tersebut mendapatkan banyak sponsor.

Namun Harvick mundur dari pencalonan, ia memilih fokus mengurus LPNU agar business center serta Badan Energi dan Pangan yang digagas ormas tersebut dapat segera terimplementasi.

Dalam siaran pers seusai dilantik Presiden Jokowi, Wakil Menteri Pertanian ini menyampaikan sejumlah pesan Presiden kepadanya, khususnya untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Ketahanan pangan tersebut, imbuhnya, menjadi hal yang sangat serius di tengah pandemi saat ini yang menyebabkan ruang gerak produk-produk pertanian kemungkinan besar terganggu.

Duet birokrat dan intelektual ini diharapkan dapat mempercepat akselerasi pembangunan sektor pertanian yang selama ini menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Untuk diketahui, jabatan Wakil Menteri Pertanian ini baru muncul kembali setelah tahun 2014 dijabat oleh Rusman Heriawan di masa kepemimpinan Menteri Pertanian Suswono, masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Kabinet Indonesia Bersatu II. Sepanjang Indonesia Merdeka, sudah ada 6 orang yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pertanian. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018