Sunday, 17 January 2021


Haykal Kamil dengan Ku.Tanami, Sayur Sehat Tinggal Petik

06 Jan 2021, 15:28 WIBEditor : Gesha

Haykal Kamil menunjukkan pertanaman sayurannya | Sumber Foto:PRIBADI

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Di masa pandemi ini, public figure tak malu untuk mulai ikut turun bertani. Mulai dari berhidroponik, maupun urban farming konvensional dengan memanfaatkan lahan sempit. Seperti yang dilakukan adik dari Zaskia Adya Mecca, Haykal Kamil dengan sang istri, Tantri Namirah yang kini fokus mengembangkan kebun urban farming, Ku.Tanami.

"Kami berdua mulai aktif memanfaatkan lahan kosong di sebelah rumah, kecil hanya 180 meter persegi saja. Awalnya nyaranin  Nay (sapaan akrab Tantri Namirah) yang memang hobi merawat tanaman hias. Kenapa tidak mulai dengan tanaman yang bisa menghasilkan misalnya sayuran," ungkap Haykal ketika dihubungi via media sosial oleh tabloidsinartani.com, Rabu (6/1).

Lahannya dibagi menjadi 12 bedeng. yang terdiri dari berbagai macam sayuran urban farming. seperti terung, kangkung, pakchoy, bayam, selada, brokoli, tomat, dan sereh. "Kita coba bedeng pertama itu terung, dan surprise saja dalam tiga minggu sudah ada hasilnya," tuturnya.

Haykal mengaku tidak sulit untuk memulai urban farming karena semua informasi maupun benih sudah cukup tersedia di internet maupun e-commerce. "Jangan malu untuk jalin komunikasi dengan petani lainnya," tuturnya. Haykal kini tengah membangun jejaring kemitraan dengan petani-petani di Sepatan, Tangerang, Banten.

Tinggal Petik

Ia mengaku punya kebun sendiri memiliki banyak keuntungan. Selain merawatnya bikin merasa rileks, kesabaran dan ketelatenan juga terlatih. Yang terpenting juga lebih hemat dan sehat. "Karena apa yg kita butuhin tinggal petik di kebun sendiri. Lebih sehat dan lebih organik, karena kita tahu proses dari awal nanamnya," jelas Haykal. 

Haykal mengatakan sayuran yang dipanen dari kebunnya sendiri terasa lebih manis. Ia pun jadi lebih semangat makan sayur, padahal waktu kecil ia tidak suka sayur. "Rasa sayurnya lebih segar karena kita tahu prosesnya dari panen ke meja itu sebentar banget. Ada kepuasan tersendiri ketika menikmati sayuran yang kita tanam sendiri," ujar Haykal.

Lewat akun Instagram ku.tanami, berbagai perkembangan kebun ini dipromosikan, termasuk soal hasil panen kebun yang tidak untuk dijual. “Ada beberapa memang yang sengaja tidak dijual untuk dibagikan ke tetangga sampai kerabat. Biar menarik, kita kemas juga dengan rapi dan cantik. Tapi malah mereka pengen beli jadinya,” tutur Haykal seraya tertawa

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018