Saturday, 23 January 2021


Tebarkan Ilmu Pertanian, Penyuluh Milenial Menjadi Youtuber

13 Jan 2021, 15:17 WIBEditor : Gesha

Penyuluh Milenial ini menjadi youtuber dengan channel inspiratifnya | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Sumenep --- Siapa bilang cuma artis saja yang bisa menjadi youtuber atau content creator?Buktinya, penyuluh milenial asal Sumenep, Madura ini eksis menjadi youtuber untuk menebarkan ilmu pertanian pada generasi milenial lainnya.

Life in hand and progress from handphone (HP), ungkapan tersebut sangat pas dengan kondisi kekiniaan. Dunia teknologi berkembang cepat. Youtube menjadi situs penyedia berbagai konten video yang belakangan ini makin diminati. Saat di rumah atau work from office, tidak jarang yang membuka berbagai konten video di youtube. Ada berbagai konten pendidikan, bahkan juga hiburan.

Peluang inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh penyuluh pertanian asal Sumenep, Madura, Delly Kapila, SP yang ternyata memiliki channel/ saluran di youtube dan telah mengunggah lebih dari 40 video dengan berbagai topik Penyuluh perempuan ini ternyata tidak mau kalah maju dibanding kaum Adam. Melalui channel “Progress Tani”, Delly ingin membuktikan bahwa pertanian adalah asyik dan menarik.

Saat ditanya apa yang melatarbelakangi untuk terjun sebagai youtuber, penyuluh berjilbab ini membeberkan bahwa semua berawal dari hobi dan mengalir saja. “Awalnya hobi, terus lama-lama keenakan. Ini wahana ekspresi dan rasa syukur. Sekaligus sebagai upaya untuk lebih mengenalkan bahwa kemajuan pertanian di sekitar kita, baik di petani atau kelompok tani bisa kita ekspos. So far happy saja," ujarnya.

Kurang lebih setahun ini sudah ada 330 subcriber yang mengikuti video dari Delly. Dirinya menargetkan di tahun 2021 ini, bisa naik menjadi 1000 subscriber. "Sangat senang ketika video yang kita unggah dilihat banyak orang. Sebagai contoh, saya membuat dan mengunggah video setahun lalu dengan judul ‘Cara Membuat Biang PGPR Akar Bambu’, ternyata sudah dilihat oleh 3200 orang," tuturnya.

Sekilas dari channel youtube progress tani, bisa kita lihat unggahannya yaitu: Cara semai benih sayuran cabe, tomat, terong dan seledri (92 kali ditonton, 1 minggu yang lalu), Buah Srikaya Bluto Memang Mantul (59 kali ditonton, 2 minggu yang lalu), Petani Gapura Mendulang Emas dengan Budidaya Bawang Merah (442 kali ditonton, 7 bulan yang lalu) dan Cara membuat Biang PGPR Akar Bambu (3,2 ribu kali ditonton, 1 tahun yang lalu).

Hobi dan kreasi penyuluh Delly Kapila di Sumenep Madura, sepertinya asyik juga apalagi di tengah situasi pandemi covid-19. Ada ketertarikan, menjadi hobi maka berkembanglah menjadi konten video yang bisa jadi akan mewarnai kemajuan pertanian dalam skala yang lebih luas. Produk yang bagus, apapun itu, jika dikemas dengan bagus dan dipromosikan dengan bagus pula, maka akan jadi banyak diminati.

Para milenial bisa jadi akan menjadi para pemain baru dalam perjalanan pertanian ke depan. Setidaknya hal ini dikarenakan bahwa pertanian juga asyik saat dipublikasikan di channel youtube. Karenanya, peran penyuluh dan BPP sebagai Pos Kostratani dalam menampilkan pertanian yang asyik dan menarik tentu akan sangat terbantu dengan berbagai media, baik media online maupun offline. Channel youtube bisa menjadi satu langkah terobosan dan bagus untuk lebih mempercantik potensi pertanian dewasa ini. 

Reporter : Kiswanto
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018