Sunday, 28 February 2021


Mengenang Prof. Dr. Ir. H. Sjarifudin Baharsjah

23 Feb 2021, 12:06 WIBEditor : Yulianto

Prof. Sjarifudin Baharsjah bersama Ibu Yustika Baharsjah | Sumber Foto:Dok. Sinar Tani

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Kepergian Pak Sjarif menghadap Sang Khalik tidak hanya meninggalkan kenangan yang tak akan hilang ditelan waktu bagi keluarga terdekatnya, tetapi juga bagi banyak sahabat dan murid-muridnya. Jejak seorang yang baik, penolong dan cerdas yang mempunyai visi jauh ke depan tentang bidang yang tak pernah henti digelutinya: Pertanian dan Petani itu adalah sejarah.

Pak Sjarif adalah seorang visioner yang melihat Sumberdaya Manusia  sebagai faktor penting yang harus dipersiapkan di semua lini agar  pertanian bisa maju. Karena itu, baik selama berkiprah sebagai akademisi maupun sebagai birokrat fokus utama yang menjadi perhatiannya adalah membangun sumberdaya manusia pertanian, termasuk wadah dan perangkat kebijakannya mulai dari para pemikir yang sangat mendasar sampai dengan praktisi. Bagi dunia pertanian, Pak Sjarif adalah seorang yang Paripurna.

Buku ini disusun Tabloid Sinar Tani, media icon Penyuluhan Pertanian Indonesia yang tidak lepas dari binaan almarhum sampai akhir hayatnya. Sudah tentu tidak akan cukup waktu untuk menampung cerita dan kesan para murid dan sahabatnya dalam buku kenangan yang sederhana ini.

Sinar Tani terpaksa harus mengedit ketat di sana-sini karena banyaknya bahan yang masuk, apalagi harus diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat. Isinya sengaja dipilih bukan konsep-konsep yang penuh dengan teori dan kebijakan dalam pembangunan pertanian tetapi ungkapan perasaan terima kasih, cinta dan kekaguman akan seseorang yang begitu penuh perhatian terhadap pertanian dan masyarakat petani.

Semoga Buku Kenangan ini memberi kenangan, mohon maaf apabila ada kekurangan dan ketidaksempurnaan. Buku ini tersedia dalam bentuk soft copy, untuk bisa didownload dari tabloidsinartani.com dan dalam jumlah terbatas dalam bentuk hard copy.

Bagi yang ingin mendapatkan buku Mengenang Prof. Dr. Ir. H. Sjarifudin Baharsjah bisa mengunduh di file ini: 

 Mengenang Prof. Dr. Ir. H. Sjarifudin Baharsjah

 

Reporter : Tim Sinar Tani
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018