Friday, 16 April 2021


Muhammad Azwar Fuadi, Milenial Formulator Pendongkrak Produksi Pertanian

17 Mar 2021, 17:04 WIBEditor : Gesha

Azwar Fuadi, sang Formulator Bioazwar Teknologi | Sumber Foto:Fuad

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Menjadi ilmuan, tentunya butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan formulasi terbaik. Harus berkali-kali melakukan penelitian ulang. Terlebih untuk sektor pertanian yang memang tak mudah digeluti.

"Saya bukanlah orang yang berlatar pendidikan pertanian, saya Sarjana Bahasa Inggris. Sebagai penopang perekonomian bangsa, saya melihat pertanian di Nusa Tenggara Barat ini tidak berkembang. Karenanya, kami bergegas untuk berperan secara aktif," ungkap Formulator Bioazwar yang ternyata seorang Milenial Nusa Tenggara Barat, Muhammad Azwar Fuadi dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar TABLOID SINAR TANI, Rabu (17/3). 

Lahir dari ayah seorang insinyur pertanian, membuat Azwar akrab dengan bidang pertanian. Hal itulah yang membuatnya sempat tidak melanjutkan pendidikan paska lulus dari Madrasah Aliyah Keterampilan (MAK) Pancor. Azwar lebih memilih fokus melakukan penelitian-penelitian untuk bisa membantu petani. (Baca Juga : Yuk Jadi Bagian 2,5 Juta Petani Milenial)

Melihat tingginya biaya membeli pupuk, Azwar ingin bisa membantu masyarakat. Harus ada sebuah pupuk yang harganya terjangkau namun kualitasnya tidak jauh berbeda dengan pupuk kimia. “Sudah harganya mahal, pupuk kimia juga bisa merusak struktur tanah dan kesuburan lingkungan terganggu,” kata pria kelahiran 30 Juli 1991 ini.

Setelah lulus Aliyah pada tahun 2009. Azwar terus melakukan penelitian bagaimana menciptakan pupuk berteknologi. Setelah berkali-kali melakukan penelitian dan inovasi, ditemukanlah sebuah pupuk yang kemudian diberi nama Bio Azwar Teknologi.

Pupuk yang diformulasikannya ini bisa memperbaiki struktur tanah, mempercepat pertumbuhan tanaman vegetatif maupun generatif. Produk yang diberi nama Bio Azwar Teknologi itu campuran dari berbagai jenis tanaman. “Untuk membuatnya kita butuh zat pengatur tumbuh, asam amino, tanaman-tanaman segar. Intinya bahan-bahan organik pilihan seperti tanaman azola,” terangnya.

Saat kuliah dirinya menemukan formula yang bisa lebih meningkatkan kualitas Bio Azwar Teknologi. Azwar pun sudah berani mencobanya di tanaman petani lain, bukan hanya pada tanaman di lahan pribadinya dengan dibagikan gratis, beberapa teman dan petani sudah mencoba produknya. Hasil yang didapatkan cukup memuaskan. 

Formula Multifungsi

Dengan perbaikan formulasi terus menerus, dirinya mendapatkan formulasi terbaik dan menjadikan Bio Azwar Teknologi ini multifungsi. Produk Bio Azwar Teknologi yang berbentuk cairan itu bukan hanya untuk pertanian saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman ternak dan ikan. “Jadi, formulasi yang saya temukan itu bisa digunakan untuk pertanian, peternakan dan perikanan,” sebutnya. 

Temuannya kini bukan hanya bisa mempercepat pertumbuhan tanaman, bukan pula sekedar bisa meningkatkan produktivitas. Tetapi juga menghemat ongkos produksi petani. 

Dengan paketan BioAzwar Teknologi yang terdiri dari Bioazwar POC (Pupuk Organik Cair) & SOC (Suplement Organik Cair), Fu-Ad Super (Pembenah tanah), Super Urip (Pupuk Hayati) dan Uriplus (Pencegah dan Pengendali Hama), petani diklaim bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia mencapai 50 persen.

"Peningkatan produksi 25-30 persen dengan penggunaan Fu-Ad super 5 kg/hektar yang dicampur pupuk, kemudian penyemprotan BioAzwar +Uriplus setelah pemupukan dan penggunaan Uriplus saat 45 hst dan 70 hst," bebernya.

Makin hari, produk Azwar dicari petani. Orang-orang yang telah menggunakan produknya merasa puas dan ingin mendapatkan lagi. “Terus awal 2015 saya mulai berpikir untuk menjualnya seperti produk lain, apalagi harganya terjangkau. Disitulah saya dirikan CV Urip Tani sebagai tempat menjual produk,” tutur Azwar.

Sekarang, produk BioAzwar Teknologi ini awalnya hanya di Lombok Tengah, terus semakin melebar ke Lombok Timur dan seluruh NTB. Produk yang dijualnya juga banyak dicari oleh petani dari luar daerah. CV Urip Tani harus tetap mempersiapkan produk Bio Azwar Teknologi untuk didistribusikan ke Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan lain-lain.

===

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

 

 

 

 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018