Wednesday, 14 April 2021


Atas Wijayanto, Memelihara Lebah Madu Trigona di Pekarangan Rumah

03 Apr 2021, 17:48 WIBEditor : Ahmad Soim

Atas Wijayanto | Sumber Foto:RE Gultom

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Serdang Bedagai – Dengan luas pekarangan rumah yang lebih kurang 100 meter, Atas Wijayanto bersama isterinya bisa memanfaatkan untuk menanam berbagai sayuran, buah, ikan dan beternak lebah madu Trigona.

Pemanfaatan pekarangan yang dilakukan Atas wijiyanto bersama istri menggunakan pola pertanian terpadu. Pada lahan tersebut terdapat berbagai macam tanaman seperti sayur sayuran, tanaman tahunan, dan lebah madu Trigona.

Sayuran yang ditanamnya diantaranya bunga kol, kangkung, bayam, terong. Sedangkan  tanaman tahunan di antaranya alpukat, lengkeng, jeruk, mangga, durian. Tanaman ini ditanam dalam pot atau barang bekas cat dan ember.

BACA JUGA:

Berbagai jenis bunga bungaan berwarna warni ada juga di pekarangan rumahnya. Juga ada 5 (lima) stupa lebah madu Trigona yang tidak menyengat. Madunya bisa diminum langsung dengan mengunakan sedotan.  Sinar tani mencoba langsung madunta. Cita rasa manis keasaman sedikit.

Juga ada lebah madu Hapis yang  menyengat. Komisaris PTPN IV ini juga memanfaatkan parit/selokan di depan rumahnya untuk memelihara ikan patin.

Atas Wijayanto  juga memiliki kegiatan membina masyarakat yang berada di Hutan Mangrove kec Pantai Cermin Kab Serdang Bedagai, mengembangkan Lebah madu untuk pelastarian hutan dan menambah gizi keluarga serta tambahan pendapatan nantinya.

Atas menawarkan  kepada masyarakat pemuda tani milinial atau ibu ibu rumah tangga yang ingin belajar mengembangkan madu Trigona dan Hapis, silahkan menyurati PTPN IV untuk belajar selama 3 hari atau menghubungi Tabloid Sinar Tani.

 --+

 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018