Tuesday, 03 August 2021


Syaharuddin Alrif, Menggerakkan Milenial Sidrap untuk Tanam Porang

20 May 2021, 13:58 WIBEditor : Gesha

Syaharudin Alrif dan pertanaman porang di Sidrap | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Sidrap --- Popularitas Porang juga kini merambah ke Indonesia bagian timur, tepatnya di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Bahkan petani bertanam porang disana digerakkan oleh petani milenial bernama Syaharuddin Alrif.

Syaharuddin sebenarnya adalah Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, dirinya malah menegaskan sebagai petani porang yang saat ini mengelola 50 hektar bersama Kelompok Tani (Poktan) Semangat Milenial Sidrap.

Hitung-hitungannya, dari lahan 50 hektar tersebut hasil panennya bisa mencapai 150 ton per hektar dalam 8 bulan. Dengan harga Rp 8.000 per kilogram, maka mereka bisa mendapatkan Rp 1,2 miliar dari total biaya produksi hanya Rp 70 juta per hektar.

Menurut Syaharuddin, saat ini porang sudah diekspor ke beberapa negara tujuan seperti Tiongkok, Thailand, Taiwan, Myanmar, Vietnam, dan lainnya dalam bentuk chips, tepung, dan olahan lainnya. Nilai tambahnya jadi lebih tinggi.

Dirinya kini sudah menanam masing-masing 10 ribu hektar di tiga kabupaten yakni Kabupaten Enrekang, Wajo dan Sidrap. Untuk pemasaran Poktan Semangat Milenial Sidrap melalui PT Alfatih Porang Indonesia sudah bekerjasama dengan salah satu pabrik di China.

Dalam berbudidaya porang, diakuinya perlu perubahan pola tanam dari tradisional ke modern. Sehingga Syaharuddin tak hanya sekadar memberi Ilmu budidaya, tetapi juga memfasilitasi modal, dan menjamin pasarnya.

Adapun daerah yang telah mengikuti pola budidaya porang selain Sidrap yakni di Wajo, Enrekang, Luwu, Palopo, Pangkep hingga Soppeng. Bagi masyarakat yang mau mengikuti pola ini bisa dikoordinasikan pada offtaker di daerah masing-masing yang telah dibentuk Syaharuddin. 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018