Friday, 18 June 2021


Yudi Guntara Punya 60 Ekor Kambing PE, Dapat Rp 500 Ribu/Hari dari Susunya

10 Jun 2021, 06:50 WIBEditor : Ahmad Soim

Kambing PE milik Yudi Guntara | Sumber Foto:RE Gultom

 

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Serdang Bedagai -- Peternak kambing Peranakan Etawa (PE) ini semula hanya memiliki 4 ekor kambing PE. Dengan ketekunan dan keuletannya, kambing PEnya bertambah menjadi 60 ekor. 

Ia adalah Yudi Guntara SPt (25 tahun) pemilik Yudhigu Farm. Petani melinial dari Kelompok Tani Muliya Jaya Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumut ini memulai usaha ternak kambing PE 4 ekor pada tahun 2017.

Yudi Guntara

“Saat ini telah menjadi 60 ekor dan 30 persen menjadi indukan untuk diperah serta produksi 10 sampai 12 liter per hari dengan harga jual Rp 50 000/liter,” kata Yudi saat dikunjungi Tabloid Sinar Tani di kandangnya di Dusun Durian Desa Melati II, Rabu/8/6/2021.

Menurut Yudi  di lokasi kandang ternak kambingnya dibagi ada pengaturan kandang untuk anak (pedet), kandang dara, kandang calon induk, kandang induk dan kandang jantan.

BACA JUGA:

Dalam pemuliaan ternak kambing PE secara keseluruhan menggunakan catatan /recording tentang silsilah ternak  serta kondisi perlakuannya,  jumlah pakan yang diberikan tanggal lahir, berat lahir, dll.

Dari sistim pemeliharaan ternak kambing di Yudhigu Farm ini juga memproduksi sabun Susu dan tepung susu serta susu siap saji/minum.

Susu kambing yang diproduksi setiap hari oleh Yudi, saat ini 10 sampai 12 liter.  Harga susu kambing   Rp. 50.000/liter. Pembeli susu kambing biasanya  datang langsung ke kandang karena masyarakat sudah memahami tentang manfaat susu kambing untuk kesehatan.

Kandang ternak kambing Yudi juga dapat dikunjungi untuk tempat praktek, juga dapat minum susu secara langsung dan masih segar di lokasi.

Ditambahkan Yudi awalnya termotivasi mengembangkan ternak kambing karena ingin sehat dengan meminum susu kambing setiap hari. Beliau berharap  kepada pemerintah agar dibina dan dilatih untuk mengelola susu kambing secara moderen dan higines sehingga susu kambing bisa masuk ke pasar moderen seperti Indomaret dll.

____

 

 Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

 

Reporter : RE Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018