Monday, 23 May 2022


Chef Ragil, Dokumentasikan Kekayaan Kuliner Nusantara

17 Dec 2021, 19:14 WIBEditor : Yulianto

Chef Ragil bangga dengan kekayaan kuliner nusantara | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor---Kekayaan kuliner Indonesia tidak bisa diragukan lagi. Saking kayanya, setiap daerah Indonesia mempunyai ciri khas makanan yang berbeda dan unik. Sayangnya cita rasa kuliner nusantara masih kurang didokumentasikan.

Adalah Chef Ragil Imam Wibowo. Pendiri dan Pemilik Restoran Nusa Indonesian Gastronomy mendokumentasikan pangan nusantara. Makanan nusantara sebetulnya masih eksis, hanya kurang terdokumentasikan. Jadi memang harusnya lebih sering didokumentasikan lagi,” katanya.

Apalagi dengan adanya sosial media itu, menurut Chef Ragil, akan lebih cepat untuk mendokumentasikan. Namun demikian, memang harus dimulai masak kembali untuk menumbuhkan rasa aslinya yang pas. Sebab jika di sosial media hanya foto, tanpa resep asli. “Jadi harus dicari dan digali bagaimana resep yang benar,” ujarnya saat menjadi juru Lomba Kreasi Pangan Lokal Nusantara (KPLN) di Bogor, beberapa waktu lalu.

Keingintahuan soal makanan Indonesia inilah yang akhirnya membuat Chef Ragil memutuskan untuk pergi ke daerah-daerah di Indonesia untuk belajar masak dan mencari bahan masakan langsung dari warga lokal. “Saya mendatangi pasar-pasar dan rumah warga untuk belajar masak langsung dari mereka. Mereka umumnya senang dan sangat terbuka untuk menceritakan tentang makanan mereka,” katanya.

Sebelum terjun ke lapangan, Chef Ragil melakukan penelitian awal, setelah mendapatkan data baru turun ke lokasi. Chef Ragil mengakui belajar makanan Indonesia ternyata tak sederhana. Sebab dalam dunia pendidikan formal kuliner hanya mengajarkan beberapa resep. Padahal dalam membuat makanan itu harus dipahami dari banyak hal, seperti bahannya, teknik memasaknya dan ceritanya. “

“Saya mencoba mengedepankan bahan-bahan yang kita dapatkan dari hasil keliling Indonesia. Saya kemudian presentasikan di Jakarta. Inshaa Allaah saya concern di pangan lokal, makanan lokal itu unik dan kaya rasa,” ujarnya.

Konsep Fine Dining

Nusa Indonesian Gastronomy adalah restoran yang menyajikan makanan Indonesia dengan konsep fine dining. Chef Ragil sendiri merancang menu agar pelanggan bisa menikmati dan merasakan langsung kekayaan kuliner Indonesia dari barat sampai timur. 

Proses terbentuknya Nusa Indonesian Gastronomy sendiri memakan waktu sekitar 5 tahun. Sebab, Chef Ragil mengaku ingin menghadirkan restoran dengan konsep berbeda. “Banyak yang mengajarkan saya bahwa menghidangkan makanan itu juga harus menghidangkan kultur,” katanya.

Karena itu, di Nusa Indonesian Gastronomy, pelanggan tak hanya sekadar menyantap hidangan, tapi juga mendapatkan sejarah dan cerita di balik makanan yang disantap. Dengan begitu, menurut Chef Ragil, orang akan lebih mengapresiasi makanan Indonesia.

Chef Ragil melihat pasar di Indonesia cukup besar. Karena itu, kepada generasi milenial jika ingin mengolah pangan lokal, seperti singkong, ubi dan sukun, peluangnya luar biasa. Jadilah konten kreator untuk promosikan pangan lokal, kita akan menjadi menarik karena belum banyak orang yang mengambil konten seperti itu,” tuturnya. 

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018