Thursday, 30 June 2022


Finalis Young Ambassador : Elradhie Alumni SMK-PP Saree

14 Jun 2022, 13:09 WIBEditor : Gesha

Radhie (tengah baju hitam) bersama siswa siswi yang magang di kebun sayurnya | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Banda Aceh --- Sosok Elradhie Noor Ambiya, selaku duta petani milenial Aceh Besar, kiprahnya dalam dunia pertanian tidak asing lagi. Finalis Young Ambassador ini ternyata alumni  Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Saree.

Elradhie ternyata telah berkecimpung menanam sayuran sejak 2013 silam. Namun fokus menanam sayur organik tahun 2019 setelah ia pulang dari Thailand.

Berkat usaha dan kerja kerasnya itu mengantarkan petani melenial asal Aceh Besar ini lolos menuju Grand Final Young Ambassador Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) 2022 Kementerian Pertanian RI.

Elradhie Nour Ambiya (Radhie) pemuda energik kelahiran 30 tahun lalu merupakan nominasi pemuda pemudi seluruh Indonesia sebagai finalis petani milenial Young Ambasador 2022. 

Walau belum lolos ke 15 besar, namun Radhie merasa bangga. Pasalnya dari 200 jumlah peserta seluruh Indonesia, saya bersama 50 peserta lainnya berhasil lolos dan diundang ke Jakarta dalam acara Boat Camp Young Ambassador 2022 pada 3 - 7 Maret 2022. "Kemudian dari jumlah tersebut diseleksi lagi dan hanya tersisa 27 peserta," imbuhnya.

Tak pelak, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali memberikan dukungan penuh kepada putra daerah yang memiliki talenta dan inovasi untuk berkiprah dan unjuk diri di kancah nasional.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Aceh Besar Abu Bakar SAg kepada beberapa media online.

“Kami bangga dan memberikan dukungan kepada Elradhie Nour Ambiya, Petani melenial yang mengikuti Young Ambasador Program Yess 2022 Kementerian Pertanian RI,” ujar Abu Bakar beberapa pekan lalu.

Abu Bakar juga menerangkan Pemerintah Aceh Besar telah memilih pemuda pemudi inovatif dan kreatif setiap tahun dan diberikan penghargaan pada peringatan hari sumpah pemuda.

“Setiap tahunnya, sejak 2017 kita memberikan penghargaan kepada pemuda pemudi inovatif, Elradhie adalah pemuda inovatif 2021 di bidang petani milenial,” bebernya.

“Terima kasih kepada orang tua kami, sahabat, pemerintah Aceh Besar yang telah mendukung saya mengikuti ajang bergengsi petani milenial nasional,” ungkap Radhie terharu.

Pemuda yang berusaha di desa Angan kecamatan Darussalam Aceh Besar ini merupakan alumni SMK-PP Saree Aceh dan melanjutkan kuliah berhasil meraih Sarjana Pertanian, hingga 2019 ia memantapkan diri bertani organik.

Elradhie merupakan satu-satunya perwakilan dari Aceh yang lolos menuju Grand Final Young Ambassador 2022 yang kemudian hanya terpilih 15 finalis sebagai Young Ambasador. 

Elradhie menuturkan, setelah program perekrutan petani milenial ini selesai, Kementerian Pertanian akan merealisasikan program melalui duta young ambasador bekerjasama dengan pemerintah daerah. 

Sebelumnya Kepala Badan Penyuluhan dan pengembangan SDM Pertanian Prof Dr Ir Dedy Nursyamsi MAgr menyebutkan, tugas utama Young Ambasador nantinya adalah sebagai role model yang akan meresonansi para pemuda milenial untuk mau dan mampu mengembangkan pertanian di daerahnya masing - masing, sehingga akan terlahir wirausaha pertanian yang maju, mandiri dan modern serta berdaya saing.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018