Monday, 08 August 2022


Reza Tangkarkan 3000 Bibit Pinang Batara dengan Bioaktivator

04 Jul 2022, 06:10 WIBEditor : Gesha

Muhammad Reza, penangkar lokal | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh Besar ---  Bagi yang hobi berkebun dan sulit memperoleh bibit seperti Pinang, Durian, Rambutan, Mangga dan Alpukat serta bibit lainnya. Saat ini di Aceh Besar sudah tersedia bibit tersebut oleh penangkad lokal. Salah satunya adalah Muhammad Reza. 

"Pasalnya, usaha subsektor perkebunan diyakini mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi," ungkap Muhammad Reza (45) yang selama ini telah banyak berkecimpung dengan pertanian organik.

Tak pelak, Reza telah berhasil melakukan penangkaran bibit Pinang Batara dengan menggunakan pupuk Bioaktivator di Gampong Mata Ie, Aceh Besar.  "Sekarang tersedia 3000 bibit Pinang Batara umur 6 - 12 bulan dan siap tanam," ungkapnya kepada tabloidsinartani.com. 

Harga bibit ada dua jenis. "Untuk pemesanan 100 bibit bersertifikat harganya kisaran 15 rb - 18 rb. Sedangkan yang tidak bersertifikat harganya Rp 9 rb, tapi kalau 1000 bibit lebih murah yaitu Rp 7 rb per bibit," sebutnya.

Bagi yang berminat untuk mendapatkan bibit Pinang dapat menghubungi telpon/WA. 0812-6913-940.

Menurut Reza, ia mulai tertarik melakukan penangkaran bibit Pinang Batara dan bibit lainnya karena saat ini harga Pinang dan komoditi perkebunan lainnya cukup menggiurkan. Selain itu kata Reza dengan menanam Pinang kita juga bisa berinvestasi serta mendapatkan penghasilan tambahan.

Reza mulai menjadi penangkar sejak tahun 2017 sampai sekarang. Untuk perlakuan pada media tanam bibit digunakan pupuk organik Bioaktivator sebanyak 0,2 kg per bibit. "Pemberian pupuk organik Bioaktivator sebagai nutrisi masa pertumbuhan dan mempercepat pembuahan," bebernya.

Dalam penangkaran pihaknya menggunakan bibit unggul yang didatangkan dari Jambi. Luas areal pembibitan tanaman di lahan 5 hektar bekerjasama dengan abangnya M. Nasir yang sudah berpengalaman dan berkecimpung dalam penangkaran bibit tanaman perkebunan selama puluhan tahun.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018