Selasa, 27 September 2022


Ilmu Beternak dari Anggun

21 Sep 2022, 02:53 WIBEditor : Yulianto

Anggun Pasini, Manager Farm Naratas Poultry Group | Sumber Foto:Dok. Anggun

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Banyak faktor yang mesti peternak perhatikan agar budidaya ayam broiler bisa berhasil. Bukan hanya masalah kandang yang menjadi jajanan wajib untuk mendapat perhatian agar ayam tetap sehat. Faktor psikologis ayam juga perlu diketahui.

Usahakan jangan sampai ayam stres, karena bisa membuat pertumbuhan menjadi terhambat. Anggun Pasini, Manager Farm Naratas Poultry Group memberikan beberapa tips agar ayam yang berada di kandang tidak stres.

Sebagai penerus usaha sang ayah H. Ajat Darajat di Kabupaten Ciamis, Anggun mengatakan, ayam broiler merupakan ayam ras unggulan yang memiliki karakteristik tersendiri. Saat ini ayam broiler telah mengalami perubahan atau perkembangan genetik yang cukup pesat. Bahkan mampu menghasilkan 2 kg daging dalam waktu 32-33 hari.

Menurutnya, performa ayam broiler sangat dipengaruhi dua hal yakni genetik dan lingkungan. Genetik merupakan suatu kemampuan yang dimiliki ayam itu sendiri. Sementara lingkungan merupakan kesempatan yang dapat diupayakan untuk menghasilkan performa yang baik.

“Jadi ketika ayam itu memiliki genetik yang baik, tetapi lingkungan yang tidak mendukung akan menghasilkan performa yang kurang baik,” kata Anggun dalam webinar Ayam Sehat Dimulai dari Kandang yang diselenggarakan Tabloid Sinar Tani di Jakarta, Kamis (15/9).

Ayam juga Bisa Stres

Anggun mengingatkan, meski ayam broiler memiliki karakteristik pertumbuhan lebih cepat, tapi mudah stres. Nah, akibat stres akan mengakibatkan pertumbuhan terganggu dan lebih mudah terjangkit penyakit.

Biasanya kata Anggun, salah satu penyebab ayam stres karena cuaca yang sangat ekstrem. Dengan curah hujan tinggi menyebabkan kelembaban tinggi di dalam kandang. Selain itu, fluktuasi cuaca antara pagi siang dan malam juga tinggi.

“Kondisi itu mengakibatkan ayam broiler pada siang hari merasa kepanasan dan di malam hari akan mengalami suhu drop. Jadi tubuh ayam broiler kurang mampu beradaptasi dengan perubahan cuaca yang sangat tinggi,” tuturnya.

Bagaimana caranya agar ayam broiler terhindar dari stres? Anggun memberikan tips untuk peternak. Salah satunya menciptakan comfortzone dengan membuat suhu, kelembaban dan kecepatan angin dalam kandang yang sesuai dengan ayam.

“Ketika ayam berada di zona nyaman, kematian ayam akan rendah dan akan  terjadi peningkatan populasi dan juga meminimalisir ayam terkena penyakit,” ujarnya.

Bagaimana ayam agar bisa nyaman di kandang? Baca halaman selanjutnya

 

Reporter : Echa/Shepia
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018