Kamis, 18 Juli 2024


Soedjai Kartasasmita, Raih Penghargaan Lifetime Achievement Sawit Indonesia

21 Des 2022, 07:33 WIBEditor : Yulianto

Soedjai Kartasasmita saat menerima penghargaan | Sumber Foto:Qoyum

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Sebanyak 55 tokoh sawit, perusahaan, petani, dan asosiasi mendapat penghargaan Lifetime Achievement dalam ajang Sawit Indonesia Award 2022, Rabu (14/12). Salah satu yang mendapat penghargaan adalah Soedjai Kartasasmita.

Dalam kegiatan ini, Majalah Sawit Indonesia juga menyerahkan penghargaan Sawit Indonesia Award 2022 kepada Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan atas dedikasi dan kebijakannya dalam stabilisasi  program minyak goreng.

Penghargaan untuk tokoh sawit juga diberikan kepada Prof. Bungaran Saragih, Prof. Agus Pakpahan, Dr. Rosediana Suharto, Msc, Ir. Achmad Mangga Barani, MM, Ir. Sahat Sinaga, Ir. Derom Bangun, Joefly Bahroeny, Dr. Purwadi, Daud Dharsono, Ir. Maruli Gultom dan Paulus Tjakrawan.

Sedangkan 7 Asosiasi dan Lembaga Kajian Sawit peraih Sawit Indonesia Award 2022 yakni, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI), Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN). Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) dan Palmoil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI).

Qayuum Amri, Ketua Panitia Sawit Indonesia Award 2022 menjelaskan, Sawit Indonesia Award 2022 merupakan ajang penghargaan kepada insan perkelapasawitan nasional, baik kepada individu dan lembaga. Penghargaan ini baru pertama kali diadakan di Indonesia yang  ditujukan khusus  bagi pelaku industri sawit.  

“Jumlah penghargaan yang diserahkan sebanyak 55 penghargaan yang terdiri dari 12 penghargaan kategori Lifetime Achievement, 7 penghargaan kepada asosiasi dan lembaga kajian sawit. Selanjutnya, ada 36 penghargaan yang diberikan kepada perusahaan sawit dan supporting sesuai masing-masing kategori,” ujar Qayuum.

Penghargaan ini merupakan rangkaian HUT ke-11 Majalah Sawit Indonesia yang di saat bersamaan juga diadakan Talkshow bertemakan “Optimalisasi Ekspor Sawit Sebagai Antisipasi Dampak Resesi”.

Dalam sambutannya, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan RI, mengapresiasi penghargaan ini sebagai bentuk tanggung jawab supaya tetap bekerja dalam rangka membantu petani maupun pengusaha sawit supaya semakin sejahtera dan memberikan kontribusi besar kepada perekonomian.

“Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan  Dirgahayu ke 11 kepada Majalah Sawit Indonesia. Selama ini Majalah Sawit Indonesia hadir untuk menjadi panduan bagi industri sawit di Indonesia baik kepada investor, pengusaha dan petani. Bersama ini saya menyampaikan terima kasih untuk penghargaan bidang Monitoring Program Sawit kepada saya dalam ajang penghargaan ini,” ujar Moeldoko.

Moeldoko mengakui, industri sawit menghadapi berbagai kesulitan dan hambatan  persaingan dengan industri minyak nabati lain di luar negeri. Namun, tantangan ini diharapkan membuat industri sawit  semakin kuat dan  semakin tangguh.”Untuk itu, mari jadikan setiap tantangan sebagai pemacu kita dalam bekerja,” ujarnya.

 

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018