Sabtu, 25 Mei 2024


Rizal Taklukkan Peluang Pasar dengan Ayam Arab

03 Okt 2023, 10:01 WIBEditor : Gesha

Rizal (tengah) memamerkan hasil produksi ayam arab kepada Kepala BPPSDMP, Prof Dedi Nursyamsi ketika berkunjung | Sumber Foto:BPPSMP

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Rizal bukan hanya seorang peternak biasa, dia adalah pengusaha berjiwa petualang yang selalu mencari peluang baru. Salah satunya dengan menangkap peluang pasar Ayam Arab.

Dalam dunia yang terus berkembang, muncul seorang petani milenial berbakat yang menjadi kebanggaan Kabupaten Gresik: Rizal Mahardika. Sebagai alumni terbaik dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang, Rizal memiliki visi yang jelas dan tekad kuat untuk mengubah lanskap peternakan di Indonesia. Dia adalah pemilik Mahardika Farm, sebuah perusahaan peternakan yang mengkhususkan diri dalam beternak Ayam Arab.

Dengan keahlian dan pengetahuan yang diperolehnya selama studi di Polbangtan Malang, Rizal mampu menciptakan keberhasilan yang luar biasa dalam usahanya. Mahardika Farm bukan hanya sekadar peternakan biasa; ini adalah pusat inovasi dan ketelitian, tempat di mana Ayam Arab tumbuh dan berkembang dengan sehat, bahagia, dan berkualitas tinggi.

Potensi yang terkandung dalam budidaya telur Ayam Arab yang dilakukan oleh Rizal Mahardika memang sangat menjanjikan dan menginspirasi. Dengan 2 ribu ekor Ayam Arab yang dibudidayakannya, Rizal telah membuka pintu menuju peluang produksi dan produktivitas yang sangat tinggi.

Meski saat ini produksi telur Ayam Arab belum mencukupi permintaan pasar, Rizal melihat peluang besar di depan mata. Pasar yang belum sepenuhnya terpenuhi dan kuota pemasaran yang masih kurang merupakan tantangan yang dapat diubah menjadi kesempatan.

Rizal menyadari bahwa untuk meningkatkan produktivitas, langkah-langkah strategis perlu diambil. Membangun penetasan sendiri dan indukan sendiri adalah langkah cerdas untuk memastikan kualitas dan jumlah Ayam Arab yang dihasilkan. Selain itu, peningkatan tenaga kerja dan kapasitas kandang juga merupakan langkah yang tak bisa diabaikan.

Sebagai Ketua Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian di Perdesaan Swadaya (FK P4S) Kabupaten Gresik, Rizal Mahardika merupakan teladan bagi petani milenial lainnya. Dia tidak hanya menghadapi tantangan, tetapi juga melihat peluang dalam setiap rintangan.

Untuk diketahui, Ayam Arab, yang secara ilmiah dikenal sebagai Gallus turcicus, adalah spesies unggas yang mempesona dengan tingkat produktivitas telur yang luar biasa tinggi. Di Eropa, mereka dikenal sebagai ayam turki, sebuah julukan yang merujuk pada akar sejarahnya yang bermula di Anatolia.

Melalui jalur evolusi dan genetiknya yang menakjubkan, Ayam Arab mewarisi ketangguhan dari unggas brakel kriel-silver, jenis ayam petelur terkenal yang berasal dari Belgia. Keindahan genetik ini menciptakan spesies yang tak hanya mengagumkan secara estetika, tetapi juga menghasilkan telur dengan produktivitas yang mengagumkan.

Ayam Arab betina mulai bertelur pada umur 5 bulan dengan masa puncak produksi di atas umur 8 bulan, sehingga dalam setahun ayam Arab dapat menghasilkan telur hingga 250–300 butir per tahun. Jumlah total telur ayam Arab Gold 30 ekor selama 30 hari yaitu 862 butir dan Silver 859 butir. 

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018