Selasa, 23 Juli 2024


Chef Bara, Ajarkan Seni Kuliner kepada Petani di Sekolah Seniman Pangan

06 Okt 2023, 10:58 WIBEditor : Gesha

Chef Bara Pattirajawane | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Chef Bara membawa semangat dan pengetahuan kulinernya ke Sekolah Seniman Pangan, untuk mengilhami petani menjadi ahli dalam seni memasak dari ladang ke meja makan.

Tidak terdengar kabar Chef Bara dalam waktu yang lama, tapi sekarang ia tengah menjalani petualangan baru! Ia tidak hanya berada di dunia kuliner, tetapi juga terlibat dalam mengajar di Sekolah Seniman Pangan, sebuah tempat yang mengejar impian petani melalui program kewirausahaan yang penuh semangat, yang diinisiasi oleh Helianti Hilman. 

Pada awalnya, Bara hanya mengenal Helianti Hilman, pemilik perusahaan pangan Indonesia Javara, saat perusahaan itu masih dalam tahap awal perjalanan. Sebagai seorang Chef berbakat, Bara sering memilih produk-produk lokal dari Javara untuk mengilhami kreasi masakannya.

Namun, seiring berjalannya waktu, hubungan mereka semakin dalam. Bara mulai memahami berbagai program yang digelar oleh Javara, salah satunya adalah Sekolah Seniman Pangan.

Program ini tak sekadar mengajar petani cara menghasilkan bahan pangan berkualitas, tetapi juga memperkenalkan mereka pada seni menyajikan dan mengemas produk pertanian dengan penuh keseluruhan, dari lahan pertanian hingga ke tangan konsumen.

Bara tidak hanya menerima tawaran Helianti untuk mengajar petani di sekolahnya, tetapi juga mengejar hasratnya dalam mengembangkan rasa produk makanan di "laboratorium" khususnya, bukan di restoran komersial seperti yang umumnya dilakukan oleh seorang Chef.."Sebagai seorang pencipta cita rasa," ujar Chef Bara.

Di Sekolah Seniman Pangan, Bara berbagi ilmunya sebagai ahli kreasi pangan, membantu para petani mengembangkan rasa pada produk-produk mereka. Ia merasa terinspirasi oleh semangat belajar para petani yang mayoritas berusia di atas 40 tahun, dan senang bisa berkolaborasi dalam proses pembelajaran.

"Kita mirip dengan komposer musik, menggabungkan elemen rasa seperti manis, umami, dan lainnya dengan bahan-bahan khusus, membentuk sebuah komposisi kuliner yang luar biasa," kata Bara Raoul Pattiradjawane, nama lengkap Chef Bara.

Sejak usia kecil, Chef Bara telah memulai petualangannya dalam rasa dan kuliner, bahkan dengan mencampur bahan-bahan makanan yang tak lazim, seperti cokelat dan pete.

Orang tuanya mungkin merasa heran, tetapi itu adalah langkah pertama dalam melatih lidahnya selama bertahun-tahun, yang kini menjadi bekal ilmu kulinernya yang mengagumkan.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018