Sabtu, 22 Juni 2024


Dari Sekadar Hobi, Milenial Ini Sabet Gelar Juara Kontes Sapi

16 Okt 2023, 09:29 WIBEditor : Yulianto

Kontes dan Ekspo Ternak se Kabupaten Cilacap | Sumber Foto:Wasis

TABLOIDSINARTANI.COM, Cilacap---Wahyu Permana Putra tak menyangka pilihannya menjadi seorang peternak tidaklah salah. Berkat kerja kerasnya milenial asal Desa Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap berhasil menyaber juara I dan III  Kontes dan Expo Ternak tahun 2023.

Beternak bagi Wahyu awalnya sekadar hobi yang ditekuni sejak tiga tahun lalu dengan jumlah sapi 9 ekor. ”Saya beternak sapi karena hobi dan ditekuni dengan selalu belajar cara pemeiharaan dan perawatan serta pakannya,” katanya.

Untuk kalangan milenail lain yang ingin terjun ke dunia peternakan, Wahyu memberikan tips. Beternak menurutnya, harus konsisten, serta kenyamanan ternaknya diutamakan. ”Agar sapi nyaman, kebersihan kandang diperhatikan dan pakan yang bernutrisi baik," tambahnya.

Alhasil dengan banyak belajar, Wahyu yang mengikutsertakan tiga ekor sapi dalam Kontes dan Ekspo Ternak berhasil memenangkan juara satu jenis untuk sapi Simental dan juara tiga jenis sapi Limosin.

Sementara itu, Sukarmo dari Desa Pegadingan Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap berhasil menjadi pemenang Kontes Sapi Betina. Sukarmo tergabung dalam sebuah Paguyuban "Bala Sapi," yang rutin setiap bulan sekali berkumpul untuk bertukar pengalaman dan belajar mengenai budidaya sapi yang terbaik.

Seperti Wahyu, Sukarmo juga memberikan tips beternak sapi. Dalam pemberian pakan, sapi harus selalu diberikan konsentrat agar pertumbuhannya bagus. Untuk pakan hijauan, bisa diberikan rumput  dan juga ilalang. ”Beternak harus didasari senang, telaten, titen dan open, sehingga akan berdampak baik terhadap pemeliharan dan perawatan yang maksimal,” katanya.

Sukarmo berharap, kedepan para peternak, khususnya sapi, lebih berkembang dengan menghasilkan sapi - sapi bagus yang berkualitas.  Karena itu keberhasilan meraih juara I Kontes Ternak tingkat Kabupaten Cilacap diharapkan juga menambah semangat kepada peternak lain, khususnya kalangan milenial untuk terjun beternak sapi.

"Jika peternak berkembang, maka seperti harapan teman-teman peternak sapi dengan didukung adanya pasar sapi disekitar wilayah Kabupaten Cilacap, agar penjualan lebih bagus," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Susilan menjelaskan, para peternak yang meraih juara pada kontes ini, karena yang terbaik dalam budidaya beternaknya. Ia pun berharap, kegiatan kontes ternak agar berdampak positif dengan makin termotivasinya peternak muda. ”Dengan slogan beternak itu, menguntungkan dan menyenangkan," tegasnya.

Susilan mengatakan, kegiatan kontes ternak supaya peternak mendapatkan kulaitas ternak yang luar biasa, sehingga menjadi indukan yang baik untuk pejantan maupun betinanya. Pihaknya juga dapat memetakan potensi peternakan di Kabupaten Cilacap. Selain itu meningkatkan harga diri peternak akan naik. "Ternak berkualitas, masyarakat bergas karena tingkat perekonomian naik," harapnya.

 Kegiatan kontes dan expo ternak diadakan, Sabtu 23 September 2023, di Lapangan Sunan Kalijaga Desa Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Dengan tema "Ternak Berkualitas Masyarakat Bergas"  dengan di ikuti sejumlah 47 ekor sapi dari perwakilan peternak 24  kecamatan se-Kabupaten Cilacap.

Reporter : Wasis
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018