Senin, 04 Desember 2023


Inovasi Dienda, Pasta Ajaib ala Milenial dari Bawang Merah

07 Nov 2023, 14:57 WIBEditor : Gesha

Dienda Buana, yang juga jadi CoFounder PT Sinergi Brebes Inovatif (SBI), memutuskan untuk beraksi! Mereka bikin bawang merah jadi sesuatu yang lebih keren, yakni pasta bawang merah. | Sumber Foto:NATTASYA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Dienda Lora Buana dan tim petani keren di Desa Sidamulya, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes bikin gebrakan nih! Mereka bikin inovasi seru dengan meracik bawang merah jadi bumbu pasta biar bisa nambahin nilai produk kita! 

Harga jual bawang merah tuh sering naik turun, terutama pas lagi panen melimpah. Itu bisa bikin petani rugi dan juga bisa bikin banyak bawang merah terbuang sia-sia, bener nggak?

Makanya, Dienda Buana, yang juga jadi CoFounder PT Sinergi Brebes Inovatif (SBI), memutuskan untuk beraksi! Mereka bikin bawang merah jadi sesuatu yang lebih keren, yakni pasta bawang merah.

Pasta bawang merah ini adalah produk inovatif yang terbuat dari bawang merah yang dihaluskan, dan bisa langsung digunakan sebagai bumbu masak. Kamu bisa pakainya buat masak nasi goreng, tumisan, sayur sop, rendang, atau apapun yang kamu sukai.

Pabrik ini keren banget! Mereka bisa mengubah bawang merah sebanyak delapan kwintal hingga satu ton jadi pasta bumbu dengan proses yang super seru. Awalnya, mereka ambil bawang merah yang udah bersih, terus jalani serangkaian langkah, termasuk pelayuan dan penggilingan. Setelah itu, bawang merah yang udah diolah ini masuk tahap pemasakan, di mana dicampur dengan bahan-bahan lain yang bikin produk bumbu pasta yang lezat banget! 

Mereka punya kapasitas produksi gila-gilaan, bisa bikin 20 ton pasta bawang merah tiap bulannya! Dan yang seru, mereka punya pasta bawang merah buat semua orang, mulai dari industri dengan kemasan besar (1 kg dan 5 kg) sampe buat kita-kita di rumah dengan kemasan kecil (100-200 gr).

Gak cuma jualan di pasar lokal, loh! Tahun 2019, PT SBI berhasil ekspor produk mereka ke Singapura, Australia, dan terakhir ke Arab Saudi. Lokasinya di Brebes, pusatnya bawang merah, jadi mereka gak kesulitan nyari bahan baku yang bagus.

Kalo kamu pengen beli, pasta bawang merah Dapur Rasa buat konsumen bisa ditemuin di platform online kayak Shopee, Tokopedia, Blibli, PaDi UMKM, sama TikTok Shop. PT SBI juga udah punya izin-izin yang penting buat jualan produknya, kayak Izin Edar (MD) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Sertifikasi Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Safe dan halal banget!

Reporter : NATTASYA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018