Kamis, 23 Mei 2019


Bayu Dapat Rp 750 Ribu per Minggu, dari Lahan Sayur Hidroponik 144 M2

30 Mar 2019, 08:20 WIBEditor : Ahmad Soim

Bayu Nugraha di kebun sayuran hidropoiniknya di Indramayu | Sumber Foto:Saptalina

Bayu dengan kesibukannya bekerja sebagai perancang web berhasil memanfaatkan lahan sempit dengan budidaya sayuran dengan cara hidroponik.



TABLOIDSINARTANI.COM - Tidak memiliki lahan yang luas? Jangan khawatir, kata Dedi Setiadi, penyuluh pertanian (PPL) Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, disela-sela Temu Teknis Peningkatan Kapasitas Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluh Pertanian se Kabupaten Indramayu (23/3).

 

Dia paparkan ada  seorang sosok generasi muda yang berusaha tani berusia 29 tahun, Bayu Nugraha namnya. Ia lulusan salah satu perguruan tinggi di Bandung Jurusan Manajemen Informatika. Bayu dengan kesibukannya bekerja sebagai perancang web berhasil memanfaatkan lahan sempit dengan budidaya sayuran dengan cara hidroponik.

Kreatifitas dan inovasi Bayu, dengan menyulap lahan 9 x 16 meter menjadi lahan yang dipenuhi dengan tanaman sayuran selada yang subur dengan teknologi hidroponik. Berbekal dari menjadi anggota komunitas Hidroponik di Kabupaten Indramayu, Bayu terus mencoba dan belajar serta meningkatkan pengetahuanya dalam budidaya sayuran dengan cara Hidroponik di halaman rumahnya.

 

Hasil dari usahanya tersebut tidak sia sia,  dalam seminggu Bayu dapat memproduksi sayuran sebanyak 20 sampai 25 kilogram. Pendapatannya  sekitar Rp 600.000 hingga Rp 750.000 per minggu.

Dengan memanfaatkan lahan yang sempit tersebut, pengetahuan pertaniannya pun terus meningkat. Sebagai karyawan swasta tidak banyak pemuda seperti Bayu yang tekun dan terus mengembangkan usaha sayuran yang menguntungkan, sejalan dengan permintaan selada di Kabupaten Indramayu cukup tinggi, sementara untuk memenuhi kebutuhannya masih sangat kurang.

 

Petani selada di Kabupaten Indramayu masih sedikit dan harus terus ditumbuhkan. Untuk itu, Dedi Setiadi bertekad dan akan terus berupaya menumbuhkan generasi muda bidang  pertanian, agar di Kabupaten Indramayu semakin banyak generasi muda petani milenial, seperti sosok Bayu.

Reporter : Joko Samiyono
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018