Sabtu, 24 Agustus 2019


Ning Harmanto, Buat Sirup Herbal dari Bunga Kenop

24 Jul 2019, 10:09 WIBEditor : Gesha

Dengan kreativitas, bunga hias ternyata bisa dibuat menjadi minuman herbal | Sumber Foto:TIARA

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --Berawal dari hobinya bertanam tanaman hias, Anggota Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jakarta Utara, Ning Harmanto akhirnya membuat minuman segar berkhasiat dari salah satu tanaman hias koleksinya, sirup bunga kenop. 

“Saya cari informasi melalui internet ternyata sudah ada jurnal ilmiahnya untuk kesehatan. Saya coba olah menjadi minuman,” katanya.

Ning mengaku awalnya teman-teman tidak cukup yakin saat dibujuk. Namun setelah mencoba, ternyata penderita asma yang minum sirup bunga kenop malah membaik.

“Campuran minuman sirup bunga kenop ini kalau di ilmu cina, ini merupakan solusi untuk seimbang antara Yin dan Yang. Sakit itu karena ketidakseimbangan antara Yin dan Yang,” pungkasnya. Bunga kenop sifatnya lebih ke Yin. Lalu bagaimana dengan Yang nya? Dicampur sereh, jahe, jeruk lemon.

Ning menambahkan, bunga kenop ini menurut penelitian, kasiatnya sangat bagus untuk asma, batuk, TBC, pengelihatan. Bunga kenop setelah dicampur dan diolah rasanya enak, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, pun anti oksidannya.

Bahan-bahan untuk membuat sirup ini yaitu 11 bunga kenop, ½ kg jahe merah segar dipotong-potong dan digeprek; 1,5 ons sereh digeprek; ½ ons temulawak dipotong-potong; 5 lembar daun pandan; 2 buah lemon besar diperas dan diambil airnya; ½ kg gula batu; 3 liter air; garam secukupnya.

Cara membuatnya siapkan 2 liter air, lalu taruh potongan jahe, temulawak, sereh, daun pandan, bunga kenop. Rebus jadi satu sampai mendidih. Lalu angkat dan air rebusan tersebut disaring, kemudian masukkan gula batu tambahkan garam secukupnya.

Masak kembali sampai mendidih lagi dan matikan kompor, kemudian air rebusan tersebut disaring, masukkan air perasan jeruk lemon. Setelah dingin minuman bunga kenop dapat disajikan.  

 

Reporter : Tiara
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018