Sabtu, 07 Desember 2019


Dengan Cupang Hias, Asep Raup Omzet Rp 6 juta/bulan

01 Agu 2019, 17:32 WIBEditor : Gesha

Usaha ikan cupang hias ke depan masih menjanjikan. Sebab, penggemar cupang hias itu dari berbagai kalangan, mulai anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua | Sumber Foto:INDARTO

TABLOIDSINARTANI.COM,Jakarta---Bagi sebagian besar masyarakat Jakarta, tentu sudah tak asing lagi dengan ikan hias cupang. Selain sebagai ikon ikan hias Jakarta, ikan hias cupang sudah sejak lama dijadikan bisnis menggiurkan masyarakat Jakarta.

Salah satu yang berhasil membudidayakannya adalah Asep. Dirinya mulai budidaya dan sekaligus menjual ikan hias cupang sejak tahun 1997 silam. Berkat ketekunan dan ketelatenanya dalam menyilangkan ikan hias cupang, bapak satu orang anak tersebut bisa mengantongi omzet penjualan ikan hias cupang Rp 6 juta/bulan.

“Ya, lumayan hasilnya. Rata-rata, masyarakat yang usaha cupang hias, hasil penjualannya bisa di atas UMR Jakarta,” kata Asep, di sela acara pameran dan kontes ikan hias, di Jakarta.

Menurut Asep,  ikan hias cupang banyak dijual di sejumlah sentra ikan hias di Jakarta seperti di Jl. Sumenep, Jl. Kartini, Cengkareng, dan sejumlah sentra ikan hias lainnya. “Kalau kami konsentrasi membudidaya dan menjual ikan hias di di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar),” kata Asep. 

Asep mengatakan, di sentra ikan hias Semanan ada sekitar 20 kios yang menjajakan ikan cupang hias. Hampir tiap hari, sentra ikan hias di Jakbar ini disambangi masyarakat. Terutama pada hari Sabtu dan Minggu, jumlah pengunjungnya banyak. “Ada yang sekadar lihat-lihat, dan ada juga pengunjung yang memang hobi melihat cupang hias,” ujarnya.

Usaha budidaya ikan hias ini bisa menjadi sandaran hidup keluarganya. “Ikan cupang hias yang kami jual harganya antara Rp 25 ribu-Rp 40 ribu/ ekor,” ujarnya.

Untuk mendapatkan ikan cupang hias berkualitas bagus Asep melakukan persilangan sendiri. Indukan ikan cupang yang disilangkan tersebut didapat dari alam dan dipelihara secara khusus. “Dengan teknik persilangan ini, kami dapatkan berbagai jenis cupang hias yang eksotis. Kalau kualitas dan warnanya bagus harganya mahal antara Rp 100 juta-Rp 250 ribu/ekor,” papar Asep.

Asep juga mengatakan, untuk meningkatkan performa cupang hias yang dipeliharanya, sejumlah ikan cupang dari proses persilangan tersebut diikutkan kontes cupang hias. “Kalau se-Jabodetabek setahun bisa 6-7 kali ikut kontes. Pernah menang kontes juga. Ikan  cupang hias yang menang kontes harganya bisa naik sampai Rp 1 juta/ekor,” ujarnya.

Adapun jenis ikan cupang hias hasil persilangan yang dilakukan Asep diantara, demersal, nemo, koi , giant, dan ada beberapa jenis lainnya. Ikan cupang hias yang kualitas dan warnanya bagus biasanya ditandai dengan warna dan bentuk ekor yang bisa mengembang seperti kipas.

“Ikannya gesit dan warnanya indah dipandang mata. Ada yang warnanya merah menyala, biru, bahkan ada yang warnanya hitam. Ada juga warna ekornya seperti pelangi,” kata Asep.

Menurut Asep, untuk menjaga kualitas ikan cupang hias bertahan hidup dengan baik perlu pakan berkualitas juga. Nah, pakan berkualitas tersebut berasal dari pakan hidup, seperti kutu air dan jentik nyamuk. Sedangkan cara pemberian pakan  cukup dua kali sehari (pagi dan sore).

Ikan cupang hias yang dipelihara dalam sebuah wadah (botol) ini, harus dikontrol setiap waktu. Artinya, airnya harus dilakukan penggantian tiap 4 hari sekali. “Jangan lupa dikasih obat biru untuk menjaga kadar pH dalam botol. Cupang hias yang dipelihara dengan baik dan benar rata-rata bisa bertahan hidup selama satu tahun,” jelas Asep.

Menurut Asep, usaha ikan cupang hias ke depan masih menjanjikan. Sebab, penggemar cupang hias itu dari berbagai kalangan, mulai anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. “Jadi, sampai kapanpun, kami yakin usaha ikan  cupang hias ini masih menjanjikan.  Selain penggemarnya dari semua lapisan masyarakat, cupang hias bisa dijadikan hiburan, penghilang stress dan bisa menjadi obat pengusir kejenuhan,” pungkas Asep.

Reporter : Indarto
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018