Sabtu, 24 Agustus 2019


Buku Dasar Dasar Agronomi Menginspirasi Generasi untuk Mencintai Pertanian

07 Agu 2019, 14:31 WIBEditor : Ahmad Soim

Rektor IPB Arif Satria saat memberi sambutan penerbitan kembali buku Dasar Dasar Agronomi tulisan Prof (Em) SriSetyati Hardjati | Sumber Foto:Ahmad Soim

TABLOIDSINARTANI.COM - Sudah 40 tahun buku Dasar Dasar Agronomi tulisan Prof (Em) Dr. Ir. Sri Setyati Hardjadi, MSc digunakan mahasiswa pertanian di Indonesia. Sejak terbit pertama tahun 1979, baru pada tahun ini bisa direvisi untuk diterbitkan secara komersial.

 

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Arif Satria saat memberi sambutan revisi buku ini berharap buku ini akan terus menginspirasi generasi muda untuk menekuni, meneliti dan mencintai pertanian. "Buku ini akan menginspirasi generasi untuk meneliti dan mencintai pertanian, mencintai agronomi," kata Arif Satria yang juga ingin menulis buku yang bisa menginspirasi dunia. 

 

Perkembangan teknologi menuju pertanian 4.0 menurutnya adalah hanya alat untuk mendapatkan ukuran yang akurat.  "IPB pun sedang menyiapkan proposal untuk membangun sawah di Kampus yang dikontrol manual dan sistem digital dengan menggunakan drone. Drone yang juga bisa memantau kondisi tanaman termasuk kondisi  unsur haranya," tambahnya di Departemen Agronomi dan Hortikultura Faperta IPB (7/8).

 

Rektor IPB itu meminta kepada para asisten dan dosen IPB untuk segera mengikuti sertifikasi untuk menjadi pilot drone. "Ada Asosiasi Pilot Drone Indonesia meminta agar tenaga dosen kita mengikuti sertifikasi, karena sertifikat kompetensi itu menjadi syarat seseorang bisa mengoperasionalkan drone," jelasnya.

 

Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB, Sugiyanta saat kuliah dapat buku Dasar Dasar Agronomi dari kakak kelasnya. Sudah dicorat coret warna warni, karena sudah dipakai oleh kakak kakak kelasnya secara turun temurun.

 

Penulis buku ini Prof Sri Setyati Hardjadi mengatakan kondisi buku yang sudah compang camping bahkan sudah tidak layak untuk dicopy itulah yang menjadi salah satu pertimbangan menerbitkan kembali buku ini. Juga ada ilmu dan bahasan yang ditambahkan. 

 

Buku setebal 280 halaman ini berisi tentang tiga pokok bahasan yakni: 1)  wawasan pertanian masa lalu dan masa datang, 2) pengetahuan mendalam tentang tanaman dan lingkungan tumbuhnya (tanah, cahaya matahari, iklim), dan 3) teknik budidaya tanaman.

 

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018