Jumat, 06 Desember 2019


e_RDKK Penyaluran Pupuk Subsidi pun Lancar

07 Nov 2019, 23:40 WIBEditor : Ahmad Soim

Rapat Koordinasi implementasi kartu tani | Sumber Foto:Kontributor

*Kata Lutfi, Membangun Pertanian Seperti Orkestra, Harus Satu Irama*

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Sinergitas antar lembaga dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi 267 juta rakyat Indonesia mutlak dilakukan. Ketahanan pangan dan pembangunan pertanian yang diamanatkan Presiden Jokowi harus melibatkan semua stakeholder, tingat pusat sampai desa.

 

“Kita semua ini diibaratkan seperti orkestra. Alunan musiknya harus seirama agar terdengar merdu dan indah. Begitu juga dalam membangun pertanian. Harus satu irama,” kata Luthfi Halide saat memberi sambutan pada Rapat Koordinasi Implementasi Kartu Tani Berbasis e-RDKK yang dihelat di Hotel Four Point, Kota Makassar, Kamis (7/11).

 

Ia menegaskan, dalam 100 hari pertama, data pangan “SATU DATA PERTANIAN” menjadi fokus Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Oleh karena itu Mentan SYL setelah dilantik langsung berkoordinasi dengan Badan Pusat Statisik, Kementerian  Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara. 

 

“Tepat 100 hari ke depan, kita harapkan data berupa luas baku lahan Pertanian bisa dirilis. Ini menjadi penting karena menjadi salah satu basis pengalokasian pupuk bersubsidi yang jumlahnya semakin terbatas,” ujarnya.

 

Luthfi Halide yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Sulawesi Selatan berharap permasalahan penyaluran pupuk yang kerap terjadi di lapangan seperti ketidaktepatan RDKK dan keterlambatan penerbitan SK, kinerja distributor dan kios dalam menyalurkan pupuk  bersubsidi yang lemah tidak terjadi lagi.

 

“Pendampingan dan pengawalan penyaluran pupuk bersubsidi dilakukan dengan melakukan verifikasi dan validasi secara bersama-sama antara pemerintah pusat dan daerah. Dan “KOSTRA TANI” yang berada di daerah bisa mengambil peran itu,” katanya.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018