Thursday, 13 August 2020


SERASI Produktifkan Lahan Rawa di Tanah Laut

05 Dec 2019, 06:32 WIBEditor : Gesha

Pemerintah Kab Tanah Laut melakukan upaya peningkatakan produktivitas dengan SERASI | Sumber Foto:Tiara

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Tanah Laut --- Seluas 17 ribu ha yang semula merupakan rawa dan menjadi lahan yang kurang produktif kini menjadi lahan yang siap tanam. Berkat program Kementerian Pertanian (Kementan) Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI), lahan yang berada di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel) kini bisa ditanam satu kali dalam setahun, bahkan bisa hingga dua atau tiga kali.

Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu lokasi SERASI terbesar dengan luas 17 ribu ha. "Pada waktu itu memang disini dari zero atau nol, yang tadinya tidak produktif dan juga tidak ada pengairan disini. Nah dengan adanya SERASI, kita lakukan perbaikan-perbaikan saluran dan juga kita lakukan penanggulangan dan akan ada pintu air juga. Terus nanti kita bantu alat dan mesin pertaniannya, dolomit, benih, sebentar lagi kita bantu pupuk NPK," jelas Direktur Pembiayaan Pertanian, Indah Megahwati pada acara Tanam Perdana Padi Program #SERASI di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Takisong, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel, Rabu (4/12).

Indah menceritakan awalnya tidak ada pertanaman sama sekali di wilayah tersebut, namun kini petani akan bertanam satu kali dan juga diperkirakan akan bertanam dua kali dan nantinya akan tiga kali. Ia mengklaim ini merupakan salah satu keberhasilan dari program SERASI yang intinya akan dilakukan peningkatan produksi dimana Indeks Pertanaman (IP) dimana yang tadinya 1 kali menjadi 2-3 kali.

Dirinya berharap lahan SERASI ini berkelanjutan, bukan hanya saat ada program saja. Sebab, SERASI ini bukan hanya dibuat kontruksi, tapi nantinya kedepan lahan-lahan SERASI akan dibuat Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B) tidak boleh dialih fungsikan dan itu juga akan disediakan paket-paket asuransi.

Karenanya, Indah meminta Bupati Tanah Laut, Sukamta yang hadir pada acara tersebut agar mengkoordinasikan dinas pertanian dengan dinas lainnya seperti hortikultura, peternakan dan perikanan untuk berpartisipasi pada lahan-lahan SERASI sehingga terciptanya sistem pertanian terpadu dan dilakukan penguatan kelembagaan.

Dampingi Petani

Bupati Tanah Laut, Sukamta menyatakan akan mendampingi petani dalam penggunaan dana pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) pada program SERASI. "Petani kita perlu kita dampingi, terutama dalam pengelolaan keuangan dan pertanggung jawaban. Supaya nanti tidak menimbulkan masalah. Karena petani kita tidak pernah dibekali untuk mengelola uang dalam jumlah yang sangat besar. Jadi harus hati-hati," paparnya.

Maka, pemerintah daerah memiliki peran dalam mendampingi dan memberikan petunjuk agar berjalan dengan seharusnya, khususnya dari sisi belanja negara. "Kita pemerintah mendampingin dari sisi tersebut. Disamping itu juga terus memberikan motivasi, semangat bagi petani," ujarnya.

Lebih lanjut Sukamta menuturkan pihaknya akan merancang, bagaimana supaya bisa dua kali, kalau diperlukan infrastruktur pasti akan kita rancangkan infrastrukturnya, kalau perlu alat mesin pertanian, pasti kita siapkan alat-alat mesin pertaniannya.

Guna memberikan semangat pada para petani, beberapa waktu lalu Kabupaten Tanah Laut menciptakan  program Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente bagi Ekonomi Lemah (Gapura Karomah). Petani diberikan pinjaman maksimal ssbesar Rp 15 juta dengan bunga 0%.

Program ini dalam mendorong para petani di kabupaten ini ketika mengawali usahanya dan tidak punya modal, maka dipersilakan ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tanah Laut dan disana disediakan.

Selain program Gapura Karomah, pemerintah Kabupaten Tanah Laut akan merancang supaya lahan SERASI bisa tanam dua bahkan tiga kali. Jika diperlukan infrastruktur pihaknya memastikan akan  rancangkan infrastrukturnya, kalau perlu alat mesin pertanian, maka alat-alat mesin pertaniannya akan dipersiapkan. 

Reporter : Tiara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018