Saturday, 06 June 2020


Tinggal ‘Klik’ Pesanan Bahan Pangan Sampai di Rumah

03 Apr 2020, 19:59 WIBEditor : Clara

Belanja pangan online saat ini memang sedang dibutuhkan | Sumber Foto:Badan Ketahanan Pangan

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Stay at Home atau berdiam di rumah menjadi anjuran yang dilaksanakan di tengah pandemik virus corona. Dengan anjuran tersebut, kita tidak bisa lagi melenggang bebas ke luar rumah, terutama tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan atau tempat rekreasi. Untuk yang membutuhkan bahan pangan seperti cabai, gula, beras, bawang, dan lain-lain, biasanya tinggal datang ke pasar atau supermarket. Saat ini? Tunggu dulu!Cukup bermodalkan smartphone, bahan pangan yang dibutuhkan langsung diantar ke rumah.

Di era Industri 4.0 memang mengedepankan teknologi. Dengan boomingnya smartphone segala sesuatu menjadi lebih mudah. Tinggal mengunduh aplikasi-aplikasi yang diperlukan, membuat kegiatan jauh lebih praktis, efisien dan cepat. Ada pemesanan transportasi online, media sosial, antar barang secara cepat, dan yang paling sering digunakan adalah belanja online.

Pada waktu masyarakat Indonesia dihimbau untuk berdiam diri di rumah, tentu langsung menyetok berbagai macam pangan dan barang-barang yang dibutuhkan lainnya selama masa diam di rumah. Ternyata pemerintah, meminta berdiam diri di rumah diperpanjang, sehingga masyarakat kebingunan bagaimana memenuhi bahan pangan yang telah habis.

Jangan khawatir, ternyata sudah banyak aplikasi di smartphone belanja online bahan pangan. Seperti: Sayur Box, Tani Hub, Happy Fresh, Brambang.com dan masih banyak lainnya. Bahkan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang berada di Jakarta Selatan dapat dipesan dengan menggunakan smartphone dan diantar dengan menggunakan ojek online.

Dari segi harga, tidak berbeda jauh dengan yang ada di pasar. Bahkan harganya jauh lebih murah dengan kualitas barang yang bagus. Seperti di TTIC harga bahan pangan kuranag lebih, seperti berikut: daging sapi mulai Rp 75 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg, ayam Rp 30 ribu per kg, minyak Rp 11 ribu per liter, beras Rp 8.800 per kg, gula pasir Rp 12.500 per kg, bawang putih Rp 32 ribu per kg, cabai merah/hijau besar Rp 25 ribu per kg, bawang merah Rp 25 ribu per kg, dan telur ayam Rp 23.500 per kg.

Bagaimana cara pemesanannya? Di sini akan dijabarkan bagaimana cara memesan bahan pangan di TTIC dengan menggunakan GoShop yang ada di dalam aplikasi GoJek.

Berdasarkan keterangan dari Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian (Kementan), ada 7 langkah cara pemesanan bahan pangan di TTIC dengan menggunakan GoShop. Yang paling utama kita harus mengunduh aplikasi GoJek terlebih dahulu. Pertama buka aplikasi GoJek dan pilih menu GoShop. Kedua ‘klik’ pesan sekarang. Ketiga, ketik Toko Tani Indonesia Center. Keempat, ‘klik’ tambah belanjaan. Kelima, pesan barang sesuai petunjuk setelah itu simpan. Keenam, jika ingin menambah barang, ‘klik’ tambah belanjaan, lalu setelaha selesai ‘klik’ lanjut. Ketujuh (terakhir), ‘klik; order GoShop dan tunjukan alamat yang akan dituju. Tinggal tunggu pesanan datang.

Pembayarannya dapat dengan menggunakan uang secara langsung yang dibayarakan oleh pengemudi yang akan mengantarakannya ataua dengan pembayaran digital milik aplikasi tersebut (GoJek). Sangat mudah bukan memesannya? Cukup tinggal di rumah dan pesan secara online, pesanan akan datang.

Reporter : Agustin
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018