Friday, 10 July 2020


Dapat Pupuk Organik, Petani Ponorogo Siap Hasilkan Tanaman Sehat

16 Jun 2020, 11:24 WIBEditor : Gesha

Petani senang dapat pupuk organik gratis | Sumber Foto:Zul

TABLOIDSINARTANI.COM, Ponorogo -- Pelaksanaan kegiatan pendampingan mahasiswa dalam masa Pandemi Covid-19 kagiatan mahasiswa di lapangan tidak hanya terfokus pada materi kegiatan yang ditugaskan kampus dan pembimbing internal, seperti prodi Agribisnis Hortikultura yang diberikan materi kegiatan tentang pemasaran produk hortikultura, tetapi dilaksanakan juga materi dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi petani selama masa pendampingan di lapangan.

Seperti yang diikuti oleh mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor saat yang mendampingi petani di Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo telah dilaksanakan kegiatan pembagian bantuan pupuk organik kepada petani di Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo bersama PPL BPP Kecamatan Siman Ir. Sudarsi dan Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo.

Bantuan pupuk organik yang diberikan adalah Pupuk Organik Cair (POC) sebanyak 8.760 liter dan Pupuk Organik Granul (POG) sebanyak 54.750 ton untuk lahan seluas 1.095 ha. Bantuan pupuk organik berasal dari APBD Kabupaten Ponorogo tahun anggaran 2020, yang dibagikan kepada 60 kelompok tani yang tersebar di 18 desa di Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan pembagian bantuan pupuk ini dilaksanakan 2 tahap pada tanggal 3 Juni 2020 dan tanggal 14 Juni 2020. "Dengan pemberian bantuan pupuk organik kepada kelompok-kelompok tani yang ada di Kabupaten Ponorogo, Pemda Kabupaten Ponorogo mengharapkan petani terpacu untuk memproduksi tanaman sehat dengan mengurangi penggumaan pupuk dan pestisida kimia," tutur PPL BPP Kecamatan Siman Ir. Sudarsi.

Dengan adanya bantuan pupuk organik ini, semoga bisa meringankan petani Kecamatan Siman dalam memenuhi kebutuhan saprodi (sarana produksi) mereka dalam berusaha tani, terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Reporter : Zul Arsal
Sumber : Polbangtan Bogor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018