Monday, 06 December 2021


Penyuluh Harapkan Ada Skema KUR Bank Syariah

23 Mar 2021, 10:57 WIBEditor : Yulianto

KUR (Kredit Usaha Rakyat), salah satu program pemerintah agar masyarakat mudah mendapatkan modal | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Kementerian Pertanian menargetkan serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini bisa menembus angka Rp 70 triliun. Sementara itu kalangan penyuluh pertanian berharap pemerintah juga membuat skema yang sama untuk bank syariah.

Misalnya, harapan penyuluh pertanian yang berada di Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Peternakan, Aceh Tamiang yang mengingkan adanya KUR dari bank syariah. Apalagi di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam kini sudah tidak ada lagi bank konvensional.

“Sekarang bank konvesional yang ada cuma ATM saja. Pemerintah harus cari jalan keluar agar petani bisa gunakan KUR secara optimal. Selama ini petani banyak gunakan KUR di Aceh Tamiang untuk komoditas padi,” kata penyuluh di Aceh Tamian saat acara Ngobras Penyuluhan di Jakarta, Selasa (23).

Harapan yang sama juga datang dari Penyuluh Pertanian di Bone, Sulawesi Selatan, Andi Dewi Sartika. Ia juga meminta agar pemerintah menggandeng Bank Syariah untuk penyaluran KUR. “Banyak masyarakat yang minta bank syariah untuk pijam KUR,” ujarnya.

Menanggapi permintaan penyuluh tersebut, Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi mengatakan, pemerintah kini tengah mengusaha agar bank syariah bisa ikut menyalurkan KUR. Apalagi kini bank BUMN syariah baru merger (bersatu) menjadi Bank Syariah Indonesia.

“Mudah-mudahaa ada kabar baik. Bank syariah kan baru merger akhir tahun 2020. Kalau nanti sudah ada dan ditetapkan, KUR dari bank syariah bisa diserap masyarakat,” katanya.

Target 2021

Pada kesempatan itu Harvick mengatakan, saat ini tren penyerapan KUR saat ini terus meningkat. Bahkan target pemerintah tahun 2020 sebesar Rp 50 triliun, tapi penyerapannya bisa mencapai Rp 55,9 triliun. “Dilihat dari awal peluncuran KUR untuk sektor pertanian, tren terakhir dari 2019-2020 sangat tajam peningkatannya,” katanya.

Untuk tahun ini lanjut Harvick, pemerintah menargetkan KUR  sebesar 70 triliun. Pembiayaan dari perbankan menjadi salah satu upaya pemerintah mendorong pertumbuhan pangan di tengah berkurangnya anggaran pemerintah.

“Untuk tahun ini diperkirakan sudah terserap Rp 14 triliun. Posisi ini luar biasa, hampir zero accident. Mungkin cuma 0,00 persen yang belum kembali,” ujarnya. Bahkan menurut Harvick, setidaknya ada 3 juta petani baru yang akses KUR.

 

==

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018