Sunday, 09 May 2021


Tahun 2021, Pemerintah Sediakan Bantuan 1.155 UPPO

21 Apr 2021, 12:59 WIBEditor : Yulianto

Kegiatan pembuatan pupuk organik | Sumber Foto:Julian

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Untuk mendorong pertanian ramah lingkungan, Kementerian Pertanian tahun ini memberikan bantuan 1.155 Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy mengatakan, pemerintah memberikan fasilitas penyediaan pupuk sebagai salah satu perlindungan kepada petani. Hal ini sesuai UU No. 19 Tahun 2013 mengenai Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

“Bentuk perlindungan dan pemberdayaan tersebut diantaranya penyediaan sarana dan prasaran produksi yang diperlukan petani,” kata Sarwo saat Forum Grup Diskusi (FGD) Aplikasi Rasionalisasi Aplikasi Pupuk yang diselenggarakan Tabloid Sinar Tani di Jakarta, Rabu (21/4).

Sarwo mengatakan, salah satu upaya pemerintah dalam pertanian ramah lingkungan adalah pengembangan pupuk organik melalui UPPO. Program ini sudah hampir berjalan lima tahun yang tujuannya menuju pertanian ramah lingkungan. “Kita bagikan ke kelompok tani yang sesuai hasil verifikasi dan validasi,” katanya.

Komponen UPPO terdiri dari, rumah kompos dan dilengkapi bak fermentasi, kandang komunal, ternak sapi/kerbau sebanyak 9 ekor sapi terdiri 2 jantan dan 7 betina, alat pengolah pupuk organik (APPO) dan kendaraan roda 3.

Anggaran per UPPO sebesar Rp 200 juta yang diberikan dalam dua tahap melalui transfer ke kelompok tani. Tahap pertama sebesar 70 persen dari total anggaran dan sisanya 30 persen setelah bangunan fisik selesai..

“Kelompok tani kita berikan bimbingan teknis pertanian untuk membangun dan membuat kandang ternak, termasuk membeli komnponen yang dibutuhkan untuk kegiatan UPPO,” katanya. Untuk pengembangan pupuk organik melalui UPPO tahun 2021, pemerintah menyediakan sebanyak 1.155 di 33 provinsi.

Sarwo berharap dengan kegiatan bantuan ini akan ada penyerapan tenaga kerja. Diantaranya, untuk pekerjaan membangun fisik dan operasional UPPO. Diasumsikan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 15 orang/unit, sehingga total tenaga kerja yang dapat diserap melalui kegiatan UPPO sebanyak 17.325 orang.

--

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

Reporter : Julian
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018