Friday, 18 June 2021


LALA Bantu Bersihkan Padi secara Otomatis

08 Jun 2021, 12:31 WIBEditor : Yulianto

Petani panen | Sumber Foto:Dok. Buhler

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Penanganan padi pada masa panen dan paska panen adalah penting untuk memastikan kualitas dan kuantitas hasil yang diperoleh petani. Untuk membantu petani, Bühler mengembangkan mesin pra-pembersih padi terbaru yakni mesin pembersih padi LALA

Kita ketahui ada proses panjang yang dilalui saat petani panen padi. Mulai dari pemotongan padi menggunakan sabit atau mesin pemotong.  Kemudian padi dimasukan ke dalam mesin untuk memisahkan dengan jeraminya, sehingga menghasilkan gabah untuk dijemur.

Proses penjemuran untuk memastikan gabah dalam kondisi cukup kering disimpan dalam karung untuk kemudian digiling menjadi beras. Jika pabrik penggilingan belum menggunakan mesin otomatis, maka mengharuskan pekerja mengambil kotoran panjang seperti tali karung atau jerami dengan tangan.

Langkah pertama dalam pembersihan kasar ini penting untuk memastikan proses selanjutnya menjadi lancar. Hal ini menjadi penting karena kotoran yang besar berbahaya bagi setiap mesin hilir.

Sementara itu, elevator, pengering, dan pembersih dapat dengan mudah tersumbat jerami atau tali tas yang panjang. Nah, jika salah satu mesin tersumbat, maka pabrik akan rusak dan pengoperasian hanya dapat dilanjutkan setelah mesin dibersihkan secara manual.

Untuk pencegahan downtime mesin di dalam pabrik, menggunakan mesin pra-pembersihan padi memiliki lebih banyak keuntungan. Kualitas beras secara keseluruhan akan meningkat karena mesin pembersih beras bekerja lebih baik ketika butiran padi mengandung lebih sedikit kotoran.

Sementara kapasitas pemrosesan juga meningkat karena kerusakan lebih sedikit dan perawatan yang cepat. Hal ini sangat meningkatkan keuntungan pengusaha pengolahan beras.

Penggunaan peralatan untuk menggantikan tenaga kerja manual selama langkah proses pembersihan awal yang penting ini menjadi semakin umum, karena mengotomatiskan proses pra-pembersihan. Tidak hanya membuat penggilingan padi lebih efisien, tetapi juga lebih aman bagi karyawan untuk beroperasi di pabrik pengolahan beras.

    

Menanggapi kesenjangan yang signifikan di pasar sekarang, Bühler mengembangkan mesin pra-pembersih terbaru yakni mesin pembersih padi LALA. Mesin tersebut terdiri dari dua komponen inti. Pertama, saringan getar (vibrating sieve) yang memisahkan kotoran dari padi yang baru dipanen. Kedua, unit rake (penggaruk) di bagian belakang mesin yang mengambil kotoran pada ujung saringan, yang mencegah saringan agar tidak sering tersumbat.

Rancangan mesin yang inovatif ini memungkinkan pembuangan kotoran berukuran panjang (tali, jerami, ranting dan lain lain) secara efisien. Ini menjadikannya keistimewaaan dari mesin pembersih padi LALA dari Buhler.

Pembersih padi LALA yang otomatis ini, juga memiliki kinerja yang sangat efektif pada padi basah. Misalnya pada kelembaban produk 28 persen, mesin LALA ini  dapat mencapai kapasitas hingga 25 ton/jam.

Tidak seperti mesin pembersih padi lainnya, mesin pembersih padi LALA memiliki desain tertutup sepenuhnya yang mengurangi emisi debu dan menjamin keselamatan di tempat kerja. Terlebih lagi, desainnya yang luas membuatnya sangat mudah dibersihkan dan dirawat.

Mesin LALA  ini berhasil menghilangkan hingga 80 persen kotoran panjang seperti jerami dan tali tas dari padi yang baru dipanen. Selain itu dapat  mencegah downtime mesin yang akan memakan biaya mahal karena mesin tersumbat. Untuk lebih lanjutnya silakan scan barcode dibawah ini dan mengunjungi website kami, juga dapat menonton video yang ada di youtube channel Buhler.

Reporter : Iqbal
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018